Renewable Energy

Taiwan Berencana Bangun Panel Surya Raksasa Sun Rock

Taiwan Berencana Bangun Panel Surya Raksasa Sun Rock
Written by Techfor Id

TechforID – Perusahaan listrik pemerintah Taiwan, Taipower, berencana membangun fasilitas panel surya raksasa bernama Sun Rock yang katanya bisa menghasilkan daya 1 juta kWh per tahun.

Proyek Sun Rock ini direncanakan pemerintah Taiwan akan di bangun dan bisa beroperasi mulai tahun 2024 dan menggunakan konsep arsitektur MVRDV.

Taipower juga punya rencana menjadikan proyek Sun Rock ini menjadi fasilitas pengunjung disamping sebagai pusat penyimpanan dan pemeliharaan energi terbarukan.

Lokasi pembangunannya pun sudah ditentukan berdasarkan seberapa besar paparan sinar matahari yang diterima disana.

Terletak di Changhua Coastal Industrial Park dekat Taichung, “Solar Rock”, fasilitas penyimpanan dan pemeliharaan untuk peralatan energi berkelanjutan.

Taiwan Berencana Bangun Panel Surya Raksasa Sun Rock
Ilustrasi Fasilitas Sun Rock ketika selesai. Foto : MVRDV

Ia dirancang untuk memaksimalkan produksi energi surya. Struktur seperti kubah meningkatkan area bangunan yang terkena sinar matahari di pagi dan sore hari.

Baca juga : UEA Tertarik Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Indonesia

Rangkaian lipatan di sepanjang fasad disesuaikan untuk memaksimalkan potensi pembangkit energi dari panel surya yang didukungnya.

Bangunan akan mandiri secara energi, dan opsi sedang dipertimbangkan untuk menghasilkan energi surplus untuk berkontribusi ke jaringan.

Dan karena bentuk Sun Rock nanti bulat, membuatnya bisa memaksimalkan berapa banyak energi matahari yang dapat dimanfaatkan untuk energi.

Fasilitas ini memaksimalkan potensi matahari ini dengan serangkaian lipatan, yang mendukung panel fotovoltaik  di permukaan atasnya yang bisa menghasilkan hampir 1 juta kilowatt / jam energi bersih setiap

Jumlah tersebut sama saja seperti membakar 85 ton minyak mentah, hanya saja kali ini menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Bangunannya sendiri akan menampilkan ruang dalam dalam skala sangat besar sekitar 12.900 meter persegi dan didalamnya mencakup gudang, bengkel, bahkan kantor.

Ilustrasi Lantai Pertama Fasilitas Sun Rock. Foto : MVRDV

Lantai pertamanya akan dilapisi dengan ruang galeri, sehingga orang biasa dapat melihat apa yang terjadi di bengkel pemeliharaan, belum lagi koleksi raksasa bilah turbin angin, panel surya, dan banyak lagi.

Seolah memotret puisi ruang yang maksimal, bangunan ini juga akan menampilkan Ruang Data, di mana tampilan real-time dari operasi Taipower akan ditampilkan untuk dilihat oleh para pengunjung

Sun Rock adalah proyek besar yang dapat menunjukkan pendalaman desain perkotaan karena risiko perubahan iklim terus meningkat.

Baca artikel selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu