Blockchain

Ukraina Mulai Bayar Gaji Pegawai Pakai Hryvnia Digital

Ukraina Mulai Bayar Gaji Pegawai Pakai Mata Uang Digital
Written by Techfor Id

TechforID – Menteri Transformasi Digital Ukraina, Mykhailo Fedorov mengatakan kalau kementriannya berencana untuk lakukan proyek uji coba mata uang digital bank sentralnya (CBDC) bernama Hryvnia Digital (mata uang digital ukraina).

Menteri Mykhailo menyatakan bahwa upaya untuk mengkompensasi karyawannya dengan CBDC akan dimungkinkan setelah mata uang digitalnya sudah siap untuk diuji coba.

Alasan menunggu hasil uji CBDC ini karena Mykhailo harus melihat dahulu seberapa besar penerapan dan efisiensinya sebelum diluncurkan.

Selain memberikan kompensasi kepada karyawan di kementerian digital dengan hryvnia digital.

Menteri tersebut juga mengatakan bahwa program pilot akan menggunakan CBDC sebagai media pembayaran untuk tunjangan sosial dan subsidi pemerintah.

Namun, Fedorov menyarankan bahwa peluncuran awal CBDC akan fokus pada kasus penggunaan yang kecil dan terkontrol dahulu.

Sang Menteri mendesak pihak berwenang untuk menguji Hryvnia Digital untuk mengumpulkan data pengalaman pengguna di tahap awal.

Kemudian memahami bagaimana fungsinya sebelum akhirnya menerapkan mata uang digital di bidang sosial.

Baca juga : WeChat Kabarnya Bakal Support Yuan Digital Cina

Fedorov menyatakan:

Kami sedang mempelajari pengalaman negara-negara lain yang telah meluncurkan percontohan atau mencoba memperkenalkan mata uang elektronik serupa.

Selain upaya untuk mengeluarkan Hryvnia Digital, pemerintah Ukraina juga berencana untuk mengintegrasikan kontrak pintar (Smart Contract) untuk membatasi penyalahgunaan dana pemerintah dan memberantas korupsi.

Dalam acara interview dengan media lokal Minfin, Wakil Menteri Oleksandr Bornyakov juga sempat mengungkapkan bahwa Ukraina sedang bersiap melegalkan Cryptocurrency.

Pada bulan Juli lalu, sebuah survei di antara sektor keuangan negara menunjukkan bahwa industri ingin CBDC yang didasarkan pada blockchain.

Harapan mereka juga Hryvnia Digital tersebut bisa memfasilitasi mata uang kripto juga.

Langkah ini sangat mirip dengan Cina yang sebelumnya sudah meluncurkan proyek serupa meski amat benci dengan Cryptocurrency.

Bahkan mereka membagikan amplop gratis senilai 300 digital yuan untuk warganya guna mendorong adopsi penggunaan mata uang digitalnya namun mengusir banyak penambang Crypto disana.

Baca artikel selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu