Blockchain

Cara Kerja Decentralized Finance (DeFi) dan Keuntungannya

Written by Techfor Id

Apa itu Decentralized Finance (DeFi) ?

DeFi adalah istilah kolektif untuk produk dan layanan keuangan yang dapat diakses oleh siapa saja yang dapat menggunakan Ethereum. Siapa saja di sini dalam artian memiliki koneksi Internet.

Dengan DeFi, pasar selalu terbuka dan tidak ada otoritas terpusat yang dapat memblokir pembayaran atau menolak siapapun dalam mengakses apa pun.

Layanan yang sebelumnya lambat dan berisiko kesalahan manusia menjadi otomatis dan lebih aman sekarang karena ditangani oleh kode yang dapat diperiksa dan diteliti oleh siapa saja.

Ada ekonomi kripto yang sedang booming di luar sana, di mana kamu dapat meminjamkan, meminjam, membeli/membeli, mendapatkan bunga, dan banyak lagi.

Sebagai contoh, Warga Argentina yang paham kripto menggunakan DeFi untuk menghindari inflasi yang melumpuhkan.

Banyak Perusahaan yang mulai mengalirkan gaji karyawan mereka secara real time. Beberapa orang bahkan telah mengambil dan melunasi pinjaman senilai jutaan dolar tanpa perlu identifikasi pribadi.

DeFi Vs Sistem Finansial Tradisional

Foto : leewayhertz
  • Di dalam DeFi, kamu bertanggung jawab dan memegang sendiri uang yang disimpan sedangkan dalam sistem tradisional hal tersebut dipegang oleh perusahaan atau bank.
  • DeFi memungkinkan penggunanya mengontrol kemana uang mereka dibelanjakan dan bagaimana cara menghabiskannya sedangkan sistem tradisional menyerahkan semua hal tersebut di tangan perusahaan
  • Transfer dana dengan sistem DeFi hanya memakan waktu sekitar beberapa menit saja, sedangkan sistem tradisional bisa memakan beberapa hari.
  • Aktivitas transaksi dilakukan dengan nama samaran (Anonim) . Sedangkan yang tradisional, Aktivitas keuangan sangat erat dengan identitas kamu.
  • DeFi terbuka untuk siapa saja. Sistem tradisional harus mengajukan permohonan untuk menggunakan layanan keuangan yang mereka tawarkan.
  • DeFi merupakan Pasar finansial yang selalu terbuka. Sedangkan sistem tradisional mengikuti hari kerja karyawan perusahaan penyedianya.

Baca Artikel Tentang Cryptocurrency :

Bagaimana Cara Kerja DeFi ?

Foto : leewayhertz

DeFi menggunakan cryptocurrency dan kontrak pintar (Smart Contract) untuk menyediakan layanan yang tidak memerlukan perantara.

Dalam dunia keuangan saat ini, lembaga keuangan bertindak sebagai penjamin transaksi. Hal Ini memberi lembaga-lembaga tersebut kekuatan yang sangat besar karena uang kamu mengalir melalui mereka.

Di DeFi, peran kontrak pintar menggantikan lembaga keuangan dalam transaksi. Kontrak pintar adalah jenis akun Ethereum yang dapat menampung dana dan dapat mengirim serta mengembalikan dana berdasarkan kondisi tertentu.

Tidak ada yang bisa mengubah kontrak pintar itu sendiri saat aktif dan kontrak akan selalu berjalan seperti yang diprogram.

Sebagai Contoh untuk mengirim uang dari Rekening A ke Rekening B setiap hari Jumat. Dan hal itu hanya akan pernah dilakukan atau dieksekusi selama Akun A memiliki dana yang dibutuhkan.

Tidak ada yang bisa mengubah kontrak dan menambahkan Akun C sebagai penerima untuk mencuri dana. Kontrak juga bersifat publik bagi siapa saja untuk diperiksa dan diaudit. Ini berarti kontrak yang buruk akan sering mendapat sorotan masyarakat dengan cukup cepat.

Baca Artikel Berikutnya, Bagaimana IoT Ubah Bisnis Manajemen Armada Kendaraan?

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu