Teknologi Futuristik

Cara Kreatif “ByteDance” Terjun ke Industri Game

Techfor Id
Written by Techfor Id

Nuverse, unit game dari raksasa teknologi ByteDance, menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi pengembang game seluler yang berbasis di Shanghai,

Moonton Technology sangat Sukses dengan game andalannya Mobile Legend.

Dari sumber yang tidak disebutkan namanya namun tahu masalah tersebut, kabarnya kesepakatan akuisisi ini bernilai sekitar US$4 Milliar.

Cara Kreatif Bytedance

Langkah ini membantu ByteDance meningkatkan bisnis gamenya yang terbilang masih muda untuk lebih bersaing dengan Tencent, konglomerat teknologi saingannya di China.

Baca Juga : 4 Teknologi Ramah Berkendara yang Seringkali Diabaikan Banyak Negara

Moonton terkenal karena menciptakan game multipemain Mobile Legends: Bang Bang.

Aktivitas M&A dalam game seluler baru-baru ini meningkat karena pandemi mendorong lonjakan keterlibatan dengan kategori tersebut.

ByteDance mengambil langkah signifikan untuk memperluas pijakannya di kategori game.

Perusahaan ini terus mengembangkan penawaran Nuverse.

Awal tahun ini deengan meluncurkan situs web khusus untuk divisi yang menyoroti judul-judul seperti Strike Royale dan Blades of the Guardians.

Sementara itu, minat terhadap game seluler telah meledak selama pandemi, mengakibatkan lonjakan aktivitas M&A.

ByteDance paling dikenal oleh konsumen Barat karena memiliki aplikasi berbagi video TikTok yang populer dan Douyin yang setara dengan bahasa China,

tetapi perusahaan tersebut jelas ingin memperluas cakupannya untuk berhadapan langsung dengan Tencent, yang memiliki saham lebih besar dalam game.  

Walaupun Moonton nantinya sudah diakusisi, mereka akan terus beroperasi secara independen dari ByteDance setelah transaksi ditutup.

Game menghadirkan peluang pendapatan yang cukup besar untuk ByteDance,

yang telah mengubah TikTok menjadi aplikasi favorit di antara konsumen AS dan kemudian menjadi magnet bagi pemasar merek.

Game seluler diperkirakan menghasilkan pendapatan sekitar US$ 86,3 miliar tahun lalu, menurut perkiraan Newzoo,

rejeki nomplok yang didukung oleh pandemi.

Baca Artikel Lainnya :

Game seluler telah mengalami pertumbuhan pemirsa sebesar 28% sejak awal krisis kesehatan, menurut penelitian Facebook baru-baru ini,

dan banyak pendatang baru yang menerima penawaran yang didukung iklan.

Perusahaan yang memfasilitasi layanan periklanan untuk pengembang game berbasis aplikasi juga telah melihat valuasi mereka melonjak karena sektor tersebut mendorong lebih banyak monetisasi.

Akuisisi yang dilaporkan bernilai miliaran dolar untuk Moonton hanyalah yang terbaru untuk mengguncang ruang game seluler.

Electronic Arts, yang secara historis menerbitkan game di konsol perangkat keras seperti Sony PlayStation dan Microsoft Xbox, pada Februari mengakuisisi pengembang game seluler Glu Mobile seharga US$ 2,4 miliar.

Kesepakatan untuk studio di belakang Kim Kardashian:

Hollywood diharapkan secara efektif menggandakan ukuran bisnis seluler EA, kata para eksekutif.

Zynga, salah satu pemain terbesar di industri game seluler, tahun lalu membeli pembuat game hypercasual Rollic dan Peak masing-masing seharga US$ 180 juta dan US$ 1,8 miliar.

Kepala eksekutif Frank Gibeau baru-baru ini mengatakan kepada TechCrunch bahwa Zynga masih mencari akuisisi  indikasi lain gelombang konsolidasi game seluler masih jauh dari kata selesai.

Sumber : www.marketingdive.com

Baca Artikel Berikutnya,

Badan Hak Cipta Italia Membuat Lebih dari 4Juta NFT !

About the author

Techfor Id

Techfor Id

Add Comment

Leave a Comment