cryptocurrency

Harga Bitcoin Terus Naik?

Techfor Id
Written by Techfor Id

Harga Bitcoin Kerap Naik, Pemerintah Singapura Beri Sinyal Peringatan ke Warganya

Meski awalnya Pasar Bitcoin bisa dibilang relatif kecil di Negara Singapura, namun selama setahun terakhir dikabarkan melonjak secara signifikan.

Kabar ini mengundang pemerintah Singapura untuk kembali memperingati warganya tentang resiko akibat perdagangan mata uang kripto.  

Baca Juga :

Liverpool Jadi Kota Pemimpin Global Dalam Riset Pengembangan Drone!

Cryptocurrency bisa sangat tidak stabil, karena nilainya biasanya tidak terkait dengan fundamental ekonomi apa pun,” kata Tharman Shanmugaratnam, ketua Otoritas Moneter Singapura, dalam menanggapi pertanyaan parlemen pada hari Senin (5/4/2021).

Oleh karena itu, mereka sangat berisiko sebagai produk investasi, dan tentunya tidak cocok untuk investor ritel.”

Dia juga mengatakan bahwa dana cryptocurrency tidak diizinkan untuk dijual kepada investor ritel.

Otoritas Moneter Singapura (MAS) juga punya kekuatan untuk memberlakukan tindakan tambahan pada penyedia layanan token digital.

Tindakan ini bisa berupa pertukaran yang menawarkan perdagangan cryptocurrency diatur sesuai kebutuhan.

Komentar Tharman ini muncul akibat tembusnya nilai total pasar mata uang kripto melewati US$2 trilliun untuk pertama kalinya.

Angka ini disebabkan banyaknya permintaan institusional dimana investor mulai mencoba-coba mata uang kripto sebagai cara untuk meningkatkan pengembalian uang tunai.

Misalnya saja seperti perusaahan Tesla atau Paypal yang kini mulai menerima Bitcoin sebagai media pembayaran untuk produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Baca Artikel Lainnya :

Perdagangan Cryptocurrency di Singapura tetap kecil dibandingkan dengan saham dan obligasi, dengan gabungan volume perdagangan harian puncak Bitcoin,

Ethereum dan XRP menyumbang 2% dari rata-rata volume perdagangan harian sekuritas di bursa saham utama tahun lalu, Ujar Tharman.

Tharman bukan satu-satunya regulator yang memberikan sinyal peringatan.

Pengawas Uni Eropa juga baru-baru ini memperingatkan resiko ini kepada para investor disana.

Selain itu, timbul kabar juga bahwa mata uang kripto sangat terkait dengan pencucian uang dan pendanaan kegiatan terorisme.

Di antara langkah-langkah yang telah diambil, MAS telah meningkatkan pengawasan terhadap sektor kripto.

Untuk mengidentifikasi jaringan yang mencurigakan dan aktivitas berisiko tinggi yang mungkin memerlukan pengawasan lebih lanjut,

MAS juga terus meningkatkan kesadaran tentang risiko berinvestasi dalam aset digital untuk membantu orang menghindari penipuan dan memantau terus perkembangannya.

Sumber : www.theedgemarkets.com

Baca Artikel Berikutnya,

Pandemi COVID Percepat Perkembangan Proyek IOT di Singapura!

About the author

Techfor Id

Techfor Id

Leave a Comment