IOT Renewable Energy

Karya Anak Bangsa, Mahasiswa ITS Desain Mobil Listrik i-Deora

Mobil Listrikl
Written by Techfor Id

Tingginya jejak karbon di dunia memaksa berbagai industri untuk mencari pengganti sumber energi yang lebih ramah lingkungan, demi kebaikan bumi.

Menjawab tantangan ini, Mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) mendesain kendaraan listrik perkotaan yang ramah lingkungan dan fokus pada desain kendaraan Electric Compact SUV bernama i-Deora.

Foto : its.ac.id

i-Deora dikembangkan oleh Tim SAC-MOLINA yang terdiri dari 10 Mahasiswa ITS. Ketua tim mereka, Muhammad Haekal Shafi mengatakan, i-Deora di desain dengan menggunakan teknik dari sisi mekanik, elektrik, eksterior, dan interior sehingga mobil ini bisa dipakai di wilayah perkotaan.

Baca Artikel Tentang Cryptocurrency :

I-Deora dapat menjadi kendaraan pelepas penat di akhir pekan karena aman dan nyaman untuk digunakan,” ungkap mahasiswa yang kerap disapa Haekal ini.

Desain sisi interior depan i-Deora. Foto : its.ac.id

Dicanangkan sebagai solusi untuk Indonesia di tahun 2030 atas permasalahan lingkungan yang dihadapi, tema kendaraan Electric Compact SUV ini merupakan suatu gagasan baru yang belum ada di Indonesia.

Melalui karya ini, kami ingin membuat suatu gerakan dunia terhadap penelitian kendaraan listrik di Indonesia,” tegas Haikal.

Tim SACH-MOLINA ITS merancang desain  tersebut agar unggul dari segala sisi, mereka menyatukan Engineering dan Seni supaya bisa berjalan bersamaan.

i-Deora dirancang menggunakan kaidah V-shape diagram. Tahap pertama yaitu tahap review terhadap literatur yang telah ada, kebutuhan pass, hingga ide-ide yang berpotensi.

Dilanjutkan dengan merencanakan riset terhadap sasaran berkaitan dengan desain tema, model mobil, serta spesifikasi mesinnya. Kemudian dilakukan pembuatan desain mulai dari konsep, mesin, layout hingga akhirnya dihasilkan suatu desain akhir

Berkat desainnya ini, Mahasiswa ITS keluar sebagai Juara 2 Kategori Desain Mobil di ajang PLN Innovation & Cimpetition in Electricity (ICE) 2021.

Bahkan sampai membuat salah satu juri disana mengatakan bahwa perancangan kendaraan pada desain karya timnya tersebut sudah detail dan komprehensif dari segala sisi.

Haikal dan Timnya berharap i-Deora tidak Cuma keluar sebagai juara kedua di ruang lingkup perguruan tinggi saja, melainkan bisa masuk  kedalam ranah industri mobil listrik di Indonesia.

Baca Artikel Berikutnya, Ternyata Ada Mobil Yang Bisa Menyerap Polusi di Udara

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu