Blockchain cryptocurrency

Kenalkan Taproot, Upgrade Bitcoin Menuju Level Yang Lebih Tinggi

Kenalkan Taproot, Upgrade Bitcoin Menuju Level Yang Lebih Tinggi
Written by Techfor Id

TechforID – Upgrade Bitcoin yang sudah lama ditunggu-tunggu, Taproot, akhirnya resmi diaktifkan pada blok 709.632.

Upgrade Bitcoin ini membuka pintu bagi para pengembang untuk mengintegrasikan fitur-fitur baru guna meningkatkan privasi, skalabilitas, dan keamanan di jaringan Bitcoin.

Sebenarnya upgrade ini sudah direncanakan rilis pada bulan Juni lalu. Namun karena pengembang harus meningkatkan versi terbaru Bitcoin Core ke 21.1 (yang berisi kode gabungan untuk Taproot) dahulu, jadwalnya rilisnya harus diundur hingga mereka sudah siap.

Apa itu Bitcoin Taproot ?

Taproot adalah tempat peleburan berbagai inovasi teknis sepanjang sejarah Bitcoin dalam satu peningkatan. Pertama kali diusulkan oleh Greg Maxwell pada tahun 2018.

Sejak itu, tiga Proposal Peningkatan Bitcoin (Bitcoin Improvement Proposals) yang mengkodifikasikan Taproot ditulis oleh Pieter Wuille, Tim Ruffing, A.J. Townes dan Jonas Nick, dan bergabung ke dalam Bitcoin Core pada Oktober 2020.

Cara Kerja ECDSA Signatur Vs Schnorr Signature.

Akar pemutakhiran adalah “Schnorr signatures.” Awalnya Bitcoin telah menggunakan skema kriptografi ECDSA untuk tanda tangan digital di mana pengguna menandatangani transaksi dengan kunci pribadi (Private Key) mereka untuk menyetujui pengirimannya ke tempat lain.

Taproot meningkatkan hal tersebut ke skema berbeda yang disebut Schnorr Signature.  Jadi setiap transaksi menggunakan Taproot sekarang akan menggunakan skema tanda tangan digital baru.

Menambahkan kemampuan baru yang dirancang untuk meningkatkan privasi, keamanan, dan skala transaksi Bitcoin.

Selain lebih kecil dan lebih cepat dari ECDSA, Schnorr memiliki manfaat tambahan sebagai linier, kombinasi yang akan meningkatkan privasi transaksi Bitcoin dan memungkinkan Smart Contract yang lebih ringan dan kompleks (maksudnya kontrak yang disandikan dengan aturan yang dijalankan sendiri).

Taproot adalah bagian dari upaya pengembang bitcoin di seluruh dunia dalam misinya untuk meningkatkan privasi Bitcoin.

Karena riwayat transaksinya sangat terbuka untuk umum. Pengguna yang penasaran dapat mencari transaksi apa pun yang pernah dikirim di Bitcoin menggunakan penjelajah blok publik seperti Mempool.space.

Taproot akan memiliki banyak dampak positif untuk berbagai proyek di seluruh ekosistem bitcoin.

Misalnya saja, transaksi multisignature, yang membutuhkan lebih dari satu dari sekelompok penandatangan untuk menandatangani transaksi, akan lebih murah dan akan menggunakan lebih sedikit data.

Sejak menembus level tertinggi sepanjang masa di dekat US$ 69.000 pekan lalu, harga Bitcoin ada di kisaran US$ 63.000-US$ 66.000.

Bursa kripto Kraken menyebutkan, pesanan pembelian terkonsentrasi di sekitar US$ 62.000, sementara penjual ingin melepas di US$ 67.000-US$ 69.000.

Baca Artikel Selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu