Cyber Security

Panasonic Siapkan Sistem Keamanan Cegah Serangan Siber

Written by Techfor Id

TechforID – Panasonic Corp segera memperkenalkan sistem keamanan cegah serangan siber untuk para pembuat mobil. Sistem keamanan ini menawarkan berbagai layanan melalui internet.

Panasonic akan memasang perangkat lunak yang mendeteksi kelainan pada kendaraan. Kemudian tim khusus Panasonic dan pembuat mobil akan memantau mobil sepanjang waktu.

Sebelumnya, pada akhir Oktober 2021, Panasonic telah mendemonstrasikan contoh serangan siber dan cara mendeteksinya di pusat pengawasan tiruan yang didirikan di Tokyo.

Baca juga: Apple Tuduh Spyware Pegasus Bobol iPhone

Setelah mobil demo di Osaka terkena serangan eksperimental jarak jauh, roda kemudi dengan cepat berputar 180 derajat dan bip peringatan berbunyi.

Panasonic mengatakan, jika kontrol terkomputerisasi diambil selama mengemudi, maka hal itu bisa menyebabkan kecelakaan fatal.

“Secara praktis, jika ada kelainan maka perlu dideteksi pada fase yang jauh lebih awal,” ujar dia.

Tim diharapkan dapat bekerja sama dalam mengumpulkan informasi dan pembenahan sistem mobil. Jika untuk mencegah serangan dari luar, perangkat lunak yang diinstal dapat diperbarui dari jarak jauh bila diperlukan.

Panasonic mengatakan, jika pusat pengawasan akan dapat mengelola mobil baik di Jepang maupun di luar negeri secara terpadu.

Menurut firma riset Fuji Keizai Group Co, jumlah mobil yang terhubung ke internet diperkirakan akan terus meningkat. Jumlahnya dapat mencapai 80 persen dari semua mobil yang terjual secara global pada 2035 dari 34 persen pada 2019.

Sementara itu, mobil dengan sistem kontrol mengemudi yang dapat diperbarui secara nirkabel harus menjalani filterisasi oleh Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata.

Baca artikel selanjutnya:

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu