Blockchain

Peran Blockchain Dalam Sektor Real Estate

Peran Blockchain Dalam Sektor Real Estate
Written by Techfor Id

Cryptocurrency dan Teknologi dibaliknya, Blockchain, belakangan ini mendapat perhatian besar bahkan menyebar hingga ke sektor Real Estate atau perumahan mewah.

Dunia kini saling berlomba-lomba mengembangkan keduanya terutama Blockchain, dikarenakan keunggulannya yang bersifat Terdesentralisasi dan sistem Public Ledger-nya.

Melihat adanya peluang di teknologi tersebut, sebagai Kelas asset terbesar di dunia, banyak perusahaan Real Estate yang mulai tertarik mengintegrasikan Blockchain kedalam sistem mereka.

Tidak hanya itu saja, Blockchain juga punya peran penting dalam meningkatkan akses ke dana di sektor tersebut, membuka peluang investasi, dan mengubah cara kerja bisnis ini.

Misalnya saja dengan Blockchain proses transaksi pembayaran bisa dipangkas dalam waktu sekejap.

Manfaat Blockchain Dalam Memajukan Sektor Real Estate

Mengutip laporan dari Morgan Stanley Capital International (MSCI), ukuran keseluruhan pasar investasi real estat global yang dikelola secara profesional berevolusi dari $7,4 triliun menjadi $8,5 triliun dari 2016 hingga 2017.

Pasar properti riil di era saat ini terdiri dari beberapa jaringan independen dan terisolasi dengan kekaburan dan hambatan transaksional antara sistem saat ini.

Teknologi Blockchain memberikan manfaat berikut untuk industri real estate :

  • Teknologi Blockchain memberikan akses mudah ke peluang pasar sekunder.
  • Memunculkan akses ke kumpulan investor yang luas karena fraksionalisasi kepemilikan.
  • Blockchain memberikan aksesibilitas ke distribusi aset global.
  • Proses otomatis membantu mengurangi biaya.
  • Blockchain memberikan efisiensi proses untuk operasi industri yang mendasarinya.
  • Memungkinkan sekuritisasi dan tokenisasi aset properti nyata.

Teknologi Blockchain memungkinkan aksesibilitas data yang sangat penting untuk membuat keputusan investasi yang lebih baik, meningkatkan transparansi dan manajemen portofolio.

Baca juga : Boss Goldman Sachs Lebih Suka Dukung Blockchain Ketimbang Bitcoin

Terlepas dari ini, sekuritisasi digital dari properti real estate adalah salah satu cara teknologi blockchain yang paling menguntungkan bagi industri real estat.

Idealnya, sebagai pemilik atau penyewa, yang mungkin menginginkan solusi inovatif untuk mengirim dan menerima pembayaran cryptocurrency secara real-time secara pribadi, nyaman, aman.

Studi Kasus Teknologi Blockchain pada Manajemen Real Estate

Organisasi ataupun perusahaan manajemen Real Estate berskala besar melakukan pengawasan yang tidak kompeten terhadap profil dan kepemilikan universal mereka.

Berkat teknologi blockchain yang bisa merampingkan pembayaran dan pengumpulan sewa. Teknologi ini memfasilitasi pembagian data dan memudahkan pemilik properti real estate dalam mengelola asset mereka.

Selain itu, Blockchain meningkatkan efisiensi operasional dan menghasilkan data yang lebih banyak secara berkelanjutan. Data tersebut memfasilitasi pengambilan keputusan strategis yang kritis.

Baca artikel selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu