Proses Installasi dan Konfigurasi CodeIgniter

4

CodeIgniter adalah framework pengembangan aplikasi web sederhana untuk PHP. Dengan pendekatan modularnya, kita dapat menggunakan pustaka dan pembantu bawaannya dalam aplikasi kita.

Kita dapat memisahkan logika dari presentasi dengan menggunakan pola Model-View-Controller (MVC).

Dalam tutorial ini kami akan menjelaskan kepada Anda, cara menginstal dan mengkonfigurasi framework CodeIgniter. Di bawah ini adalah langkah demi langkah proses dan instruksi instalasi yang dapat Anda ikuti untuk menginstal CodeIgniter di komputer atau laptop Anda.

Baca Juga :

Langkah 1 : Download Framework CodeIgniter

Ketik http://www.codeigniter.com pada URL browser kamu dan unduh versi Framework CodeIgniter terbaru. Dalam tutorial ini kita menggunakan CodeIgniter 2.2.

Langkah 2 : Proses Install CodeIgniter

Setelah mengunduh CodeIgniter, Anda akan menerima file dalam format zip. Jadi, pertama Anda perlu unzip, dan ganti nama folder “CodeIgniter-2.2-stable” menjadi nama aplikasi Anda.

Dalam tutorial ini kami mengganti nama folder “CodeIgniter-2.2-stable” menjadi CodeIgniter.

Sekarang salin ke server Anda yang mendukung PHP dan MySQL. Dalam tutorial ini kita menggunakan WAMP (Windows, Apache, Mysql, PHP). Jadi salin file tersebut di C: wampwww

Baca Juga :

Langkah 3 : Konfigurasi CodeIgniter

Untuk menjalankan aplikasi CodeIgniter, Anda perlu mengatur URL dasar aplikasinya dengan tepat. Untuk melakukan hal tersebut, buka C: /wamp/www/CodeIgniter/application/config/config.php dan edit item array base_url untuk menunjuk ke server dan folder CodeIgniter Anda.

Syntax :

Langkah 4 : Testing CodeIgniter

Di sini kita melakukan test cepat untuk melihat apakah aplikasi CodeIgniter yang kita install berjalan dengan baik atau tidak. Ketik URL berikut pada browser kamu :

Baca Juga : Apa Itu Handling Touches Dan Cara Menggunakannya di React Native

Jika berjalan dengan baik, maka tampilannya akan seperti dibawah ini :

Langkah 5 : Konfigurasi Database

Untuk terhubung dengan database, CodeIgniter menyediakan file konfigurasi di folder config dengan nama database.php yang terletak pada folder CodeIgniter yang sudah kamu install.

Untuk mengatur konektivitas agar terhubung dengan database Anda , Anda perlu melakukan sedikit editing pada code nya seperti berikut :

Setelah melakukan pengaturan ini, Berarti Anda sudah siap untuk membangun program dengan menggunakan CodeIgniter atau membuat perintah dasar seperti menambahkan, memperbarui, dan menghapus data.

Berikutnya Baca : Apa Itu Handling Touches Dan Cara Menggunakannya di React Native

Sumber : formget.com

Share.

About Author

Techfor Id

4 Komentar

  1. Pingback: Pentingnya Fragment Dalam React JS | TechForID

  2. Pingback: Tutorial Install React JS dan Membangun Project Baru! | TechForID

  3. Pingback: Cara Membuat ToDo List Dengan React Hooks! | TechForID

  4. Pingback: Cara Penulisan Code Dasar Pada Program React JS | TechForID

Leave A Reply