10 Keuntungan Menggunakan React JS Pada Desain Website

11

Ekosistem front-end terus berkembang dan berubah setiap harinya. Beberapa tools sudah menjadi “best Seller” dalam hal pengembangan aplikasi web, merevolusi alur kerja, sementara yang lainnya gulung tiak.

React js dapat dengan mudah dilabeli sebagai bestseller. Diluncurkan kembali pada tahun 2013, Library JavaScript ini dengan cepat memenangkan hati para developer.

React JS itu sendiri dikelola oleh Facebook dan beberapa komunitas pengembangnya . React JS banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Apple, Paypal, Netflix, dan masih banyak yang lainnya.

React JS itu sendiri dikelola oleh Facebook dan beberapa komunitas pengembangnya . React JS banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Apple, Paypal, Netflix, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga :

Kursus Internet Marketing

Pada artikel kali ini, kami akan membahas 10 keuntungan yang kamu rasakan ketika menggunakan React JS

1. Kemudahan dalam Menulis Komponennya

JSX adalah ekstensi sintaks opsional untuk JavaScript yang membuat anda bisa menulis komponen Anda sendiri jauh lebih mudah. Menulis komponen menjadi lebih sederhana dengan JSX karena memungkinkan Anda untuk mengkombinasikan HTML dengan JavaScript.

Karena jumlah aturan yang lebih sedikit, Anda dapat mendapatkan sumber yang lebih sederhana dibanding teknologi lain. JSX mungkin bukan bukan ekstensi sintaks terpopuler, tetapi JSX terbukti efisien dalam mengembangkan komponen khusus atau aplikasi bervolume tinggi.

JSX terbukti ampuh dalam hal membangun aplikasi bervolume tinggi atau custom component. Hal ini memudahkan konversi Mockup HTML menjadi React Element. Selain itu, JSX juga memberikan warning atau pesan error yang informatif agar terhindar dari injeksi code.

Baca Juga : Cara Menjadi Developer React Native Yang Dicari Banyak Perusahaan!

2. Proses Rendering Jauh Lebih Cepat

Membangun aplikasi yang besar tentunya membutuhkan perfoma yang besar pula. Dengan React JS, hal ini dapat dengan mudah menghindari masalah tersebut berkat kehadiran DOM virtual yang diciptakan para developer Facebook.

Seperti namanya, Virtual DOM adalah representasi virtual dari Model Object Document. React JS memungkinkan Anda untuk membangun Virtual DOM dan menghostingnya ke dalam memori.

Manfaat dari tindakan tersebut adalah setiap kali terjadi perubahan apapun dalam Actual DOM, Virtual DOM berubah seketika karena terletak di memori. Karena itu, pembaruan DOM tidak dilakukan secara rutin dan kecepatan kinerja aplikasi Anda tidak terganggu oleh DOM.

Baca Juga : Keunggulan React Native yang Wajib di Ketahui Desainer Aplikasi!

3. Code yang Ada dijamin Stabil

Untuk memastikan bahwa perubahan kecil yang terjadi dalam struktur child tidak akan memengaruhi struktur parent  nya karena ReactJS hanya menggunakan aliran data ke bawah.

Mengubah objek, pengembang hanya memodifikasi statusnya, membuat perubahan, dan, setelah itu, hanya komponen tertentu yang akan diperbarui. Struktur pengikatan data ini memastikan stabilitas kode dan kinerja aplikasi secara berkelanjutan.

4. SEO Friendly

Manfaat lain React js adalah kemampuannya untuk menangani kegagalan mesin pencari seperti google dalam hal membaca aplikasi berat yang dibangun dengan Javascript. Sebagai solusi, React JS dapat berjalan di server, merender, dan mengembalikan DOM virtual ke browser sebagai laman web biasa.

Dengan React JS, Interface pada desain anda bisa diakses di berbagai mesin pencari lainnya seperti Bing, Yahoo, dan Baidu.

Baca Juga :

5. Reusable Component

Components adalah fitur luar biasa, dan React JS didasarkan pada hal tersebut. Anda mulai dengan hal-hal kecil, yang kemudigunakan untuk membuat hal-hal yang lebih besar, selanjutnya Anda gunakan untuk membuat aplikasi.

Setiap komponen memiliki logikanya sendiri dan mengontrol renderingnya sendiri, dan dapat digunakan kembali di mana pun Anda membutuhkannya. Penggunaan ulang kode membuat aplikasi Anda lebih mudah dikembangkan dan dikelola. React Js juga membantu Anda menerapkan tampilan dan nuansa yang konsisten di semua project.

6. Hadir dengan Toolset yang memudahkan Developer

Belajar teknologi atau program baru dan menggunakannya di suatu project di masa mendatang bisa jadi menyenangkan namun harus optimal dan mudah digunakan. Kelebihan menggunakan React JS terletak pada proses Debugging serta Tools desainnya yang innovatif.

Salah satunya yaitu React Developer Tools yang merupakan ekstensi dari browser seperti Chrome dan Mozilla. React developer tools memungkinkan developer untuk mengamati hierarki komponen React, menemukan komponen Child dan Paret, dan memeriksa status dari setiap komponen yang ada.

Baca Juga : Pengertian Height dan Width Pada React Native & Cara Menggunakannya!

7. Bisa digunakan dalam Pengembangan Aplikasi

Tahukah kamu bahwa React JS selain digunakan pada website, juga bisa digunakan untuk membangun interface pada aplikasi. Dengan React JS kamu bisa membuat aplikasi baik untuk Android maupun iOS hanya dengan 1 code saja. Hal ini tentunya sangat menghemat biaya karena kamu hanya perlu menyewa developer atau mempelajari React JS saja.

8. Mudah dipelajari

React JS bukanlah full-featured framework tetapi merupakan JavaScript open source GUI library yang berkonsentrasi pada satu hal spesifik dan bertujuan untuk menyelesaikan tugas secara efisien.

React JS adalah V dalam pola MVC (Model-View-Controller). Setiap Developer JavaScript akan merasa mudah untuk memahami dasar-dasar React JS. Bahkan pemula sekalipun bisa mempelajarinya dalam waktu singkat

Baca Juga : 8 Rahasia Windows 10 yang Belum Diketahui Semua Orang!

9. Didukung Komunitas Besar

Awalnya, React library dibuat untuk penggunaan internal dan kemudian dibagikan dengan developer-developer di seluruh dunia. Namun Saat ini, didukung oleh tim teknik Facebook dan Instagram, ditambah pakar eksternal. Misalnya, React GitHub jumlah repositori lebih dari 1100 kontributor. Itu semua tentunya bukan komunitas kecil.

Disini setiap developer dapat mengajukan pertanyaan mereka pada Stack Overflow, forum Diskusi, Reactiflux Chart, IRC Freenode, platform media sosial dan banyak lainnya terkait masalah atau error yang mereka alami saat menggunakan React JS.

10. Digunakan banyak Perusahaan Besar dan Start-up

Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak aplikasi besar seperti Skype, Airbnb, Facebook, serta Instagram menggunakan bahasa program React JS dalam desain aplikasi yang mereka bangun. Bahkan Tencent pun (Pengembang Game PUBG) mengkalim menggunakan React JS dalam desain Gamenya.

Berikutnya Baca : Begini Nih Cara Scroll View pada React Native Yang Benar

Sumber : da-14.com

Share.

About Author

Techfor Id