Cara Menjadi Developer React Native Yang Dicari Banyak Perusahaan!

11

Menurut beberapa hasil riset, minat yang akhir-akhir ini sedang berkembang yakni React Native. Seperti yang kamu tahu, perkembangan smartphone mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya dan banyak aplikasi yang di bangun didalamnya menggunakan React Native dalam programnya.

Banyak Perusahaan besar seperti Facebook, Instagram, Skype, serta Airbnb yang turut serta menerapkan React Native dalam Framework mereka. Kalo kamu tertarik menjadi developer android atau iOS dengan Framework React Native, maka kamu berada ditempat yang tepat.

Baca Juga :

kursus web

Dibawah ini kami berikan Roadmap atau langkah-langkah yang harus kamu lakukan agar menjadi Developer React Native yang memiliki potensi di pasar Kerja.

1. Pelajari Dasar Koding Javascript

Sebelum mulai mulai mengembangkan software, web, atau aplikasi menggunakan bahasa atau framework program apapun, Kamu harus tau dasar-dasar penggunaan code yang benar agar nantinya error yang mungkin terjadi pada program yang kamu buat bisa diminimalisir.

Dalam belajar React Native akan sangat sulit jika kamu belum memahami apa itu javascript dan bagaimana code yang ada didalamnya. Meskipun terlihat sama seperti CSS, namun komponen javascript serta penulisan code yang benarnya cukup berbeda.

Jika kamu mencari cara paling tepat untuk mempelajari dasar-dasar JavaScript, maka kami sarankan kamu mengunjungi learn-js.org. Website ini akan membantu kamu mengenal dasar-dasar JavaScript dengan memberi kamu baik teori bahasa programnya maupun prakteknya.

Baca Juga : 5 menit Saja! Cara Install React Native di Sistem Operasi Windows

2. Memahami Dasar ES6/ES7/ES8

Javascript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi React Native, oleh karena itu pemahaman mendalam tentang konsep Javascript sangat penting.

Selanjutnya, dengan mempelajari dasar penggunaan sintaks ES6 / 7/8 barulah akan membantu kamu dalam melakukan tugas-tugas kompleks dengan mudah.

Sebagai permulaan, Anda dapat mempelajari dasar-dasar ES6 dengan beberapa sumber gratis yang tersedia di web. Di bawah ini adalah beberapa sumber gratis favorit untuk mempelajari ES6+ :

  • Memahami ES6: Mozilla developer network series – Mozilla developer network series adalah sumber yang bagus untuk mendapat beberapa hacks ES6 yang cemerlang.
  • Kursus ES6 tentang Pluralsight – Kursus yang cocok bagi kamu yang tidak suka membaca tutorial teknis yang panjang. Kursus ini dimaksudkan untuk mengajarkan kamu tentang fitur dasar dari versi terbaru JavaScript, termasuk tools dan teknologi terbaru untuk meningkatkannya di browser dan di server dengan Node.js.
  • ES6: bit yang benar-benar kamu gunakan – Artikel singkat oleh James Knelson ini akan memandu kamu dalam perjalanan untuk memahami fitur terpenting ES6.

Baca Juga : 8 Rahasia Windows 10 yang Belum Diketahui Semua Orang!

3. Mempelajari Dasar Node.js dan NPM

Ketika kamu mencoba membuat aplikasi “Hello world” menggunakan React Native, kamu akan menyadari bahwa memiliki Node Js yang terinstal di mesin kamu adalah syarat wajib menguasai javascript.

Ini terutama karena React Native menggunakan NodeJs untuk membangun kode JavaScript kamu dan juga Node Package Manager (NPM) digunakan untuk menginstal paket dari pihak ketiga. Memahami ide dasar dalam node.js dan NPM tentunya memudahkan kamu dalam membangun aplikasi dengan framework React Native

Sumber yang cocok untuk belajar Node.js dan NPM :

Baca Juga :

4. Mempelajari Dasar React JS

Sebelum menyelam ke lebih dalam ke React Native,Saya sarankan kamu mempelajari dasar-dasar React Js. Dengan mempelajari React Js kamutidak diragukan lagi akan memperoleh pemahaman tentang lifecycle komponen yang diikuti oleh React Js yang juga ada di React Native.

Kamu juga akan mengetahui apa itu JSX dan pada titik ini karena kamu tentunya sudah tahu HTML dan CSS, proses nya akan cenderung lebih cepat karena sebenarnya Javascript, HTML, CSS merupakan 3 komponen dalam membangun website yang tampil optimal

Sumber yang bagus untuk belajar React Js :

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Sistem Graphic User Interface (GUI)!

5. State Management pada Reduc dan MobX

State management merupakan aspek penting dalam non-trivia app. Jika Anda memiliki latar belakang mobile development maka Anda pasti menyadari jika setiap komponen dalam aplikasi memiliki state-nya sendiri.

Saat Anda sedang membangun aplikasi skala kecil, mungkin lebih mudah bagi Anda untuk mengelola state menggunakan props. Di sisi lain, aplikasi seluler real-time mungkin mengharuskan state Anda untuk dapat sepenuhnya diakses di seluruh aplikasi.

Dua state management libraries yang paling populer untuk React Native adalah Redux dan MobX.

Redux oleh Dan Abramov dan Andrew Clark adalah arsitektur flux yang terkenal. Ini adalah library yang paling banyak digunakan untuk mengelola global state dari suatu aplikasi.

Setelah Anda belajar mengembangkan aplikasi Native React yang paling sederhana, Anda harus mempersiapkan diri untuk skenario aplikasi yang lebih kompleks.

Karena aplikasi cenderung tumbuh dan menjadi lebih kompleks, Anda harus memilih arsitektur yang baik untuk menghindari skalabilitas dan masalah maintenance di masa mendatang. Di sinilah Redux masuk ke dalam skema.

kursus web

Baca Juga : Mengenal Command Line Interface (CLI) dan Kelebihannya!

Berikut ini beberapa sumber bagus untuk belajar Redux:

  • Learn Redux – Kursus ini terdiri dari 20 video yang akan membantu Anda belajar Redux dengan menerapkan aplikasi instagram clone menggunakan React and React Router.
  • Getting Started with Redux – Ini adalah program hebat yang mengajari Anda cara menggunakan redux dalam aplikasi React, dibuat oleh pencipta Redux – Dan Abramov.

6. Mulai Mendalami React Native

Pada titik ini, kamu akan memiliki fondasi yang kuat dan siap untuk mulai membangun program dengan React Native.

Cara terbaik untuk memulainya adalah dengan membaca serta mengikuti dokumentasi resmi yang ada terlebih dahulu. Karena  kamu sudah paham apa itu React Js sesuai tahapan diatas, nanti kamu pasti lebih cepat beradaptasi dengan bahasa React Native.

Sumber Pembelajaran :

Baca Juga : Memahami Struktur Dasar CSS!

7. React Navigation

Dulu hanya ada satu komponen navigasi yang baik untuk React Native: NavigatorIOS. Itu sangat diapresiasi oleh sebagian besar anggota komunitas tetapi terbatas untuk iOS.

Komponen lain yang seharusnya bekerja untuk kedua platform seperti ExNavigation, dan NavigationExperimental memiliki banyak masalah terkait kinerja.

Untungnya, Navigasi dalam React native telah mengalami peningkatan, berkat React Navigation.

Berikut beberapa sumber yang dapat membantu Anda berkenalan React Navigation:

Untuk menangani skenario aplikasi yang rumit, Anda mungkin ingin menggunakan solusi alternatif lain seperti React Navigation oleh AirBnB atau React Native Navigation oleh Wix.

Baca Juga : Penjelasan RSS Feed dan Bagaimana Cara Kerjanya

Berikut ini adalah dokumentasi dan sumber daya untuk mempelajari cara menyiapkan setup native navigation solutions seperti native navigation dan react native navigation:

Sumber-sumber serta langkah yang saya sebutkan diatas akan memberikan kamu pemahaman yang baik tentang React Native Developer – konsep inti dan struktur dasarnya, praktik yang baik dengan struktur file/komponen, React Native debugger, serta tips-tips berguna untuk pemula yang ingin menguasai React Native.

Berikutnya Baca : Keunggulan React Native yang Wajib di Ketahui Desainer Aplikasi!

Sumber : medium.com

Share.

About Author

Techfor Id