Penjelasan RSS Feed dan Bagaimana Cara Kerjanya

3

Apa itu RSS Feed ?

RSS feed adalah singkatan dari Really Simple Syndication. Suatu cara untuk mudah mendistribusikan daftar headline, update notice, dan terkadang konten ke banyak orang. RSS Feed digunakan oleh program komputer yang mengatur headline  dan pemberitahuan tersebut agar mudah dibaca.

Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada website yang menyediakan Feed RSS, biasanya situs web yang isinya diupdate secara berkala. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita .membutuhkan RSS Reader.

Baca Juga Tentang Programming Lainnya:

Rss Reader bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu berita terupdate. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya alias gratis.

Jadi secara sederhana, RSS feed adalah aplikasi atau teknologi yang digunakan untuk membaca konten dari sebuah website tanpa perlu membuka website tersebut di browser kamu.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Sejarah RSS

Pada maret 1999, Netscape membuat RDF Site Summary yang mana merupakan versi awal dari RSS. Digunakan oleh publisher web untuk menampilkan konten mereka pada My.Netscape.com , dan portal RSS lainnya.

Beberapa bulan kemudian, Netscape menyederhanakan teknologi tersebut dan memberi nama baru sebagai Rich Site Summary. Netscape menghentikan partisipasinya dalam pengembangan RSS sejak AOL mengambil alih Netscape.

Versi terbaru RSS dirilis pada tahun 2002, dan diberi nama Really Simple Syndication . Dengan versi barunya ini dan icon barunya untuk Mozilla firefox ditahun 2004, RSS feed menjadi lebih mudah diakses oleh pengunjung website

Baca Juga : Pengertian dan Kelebihan CMS (Content Management System) Yang Wajib Kamu Ketahui!

Cara Kerja RSS!

RSS adalah cara penulis website untuk mempublikasikan notifikasi konten baru pada website mereka. Konten tersebut biasanya mencakup Newcast, postingan blog, Laporan Cuaca, dan Podcast.

Untuk menerbitkan notifikasi, penulis website harus membuat file teks dengan ekstensi file XML untuk RSS Feed yang berisi judul, deskripsi, dan link untuk setiap post di situsnya. Kemudian, penulis website menggunakan file XML tersebut untuk menambahkan RSS Feed ke halaman website mereka. File XML secara otomatis mensindikasikan konten baru melalui RSS Feed itu dalam format standar yang ditampilkan di setiap pembaca RSS.

Ketika pengunjung website berlangganan RSS Feed, mereka membaca konten website terbaru pada RSS Reader. RSS Reader bertugas mengumpulkan konten dari banyak file XML, mengatur informasi, dan menampilkan konten dalam satu aplikasi.

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan dengan RSS Feed dan RSS reader. Berikut adalah contohnya :

  • Bisa mengikuti diskusi di halaman web atau forum tanpa mengunjungi setiap halaman untuk membaca daftar komentar yang diposting.
  • Mendapatkan update informasi atau postingan terkini dari website favorit kamu.
  • Menjaga kamu agar tetap terupdate perihal berita lokal, nasional, atau bahkan internasional dari beberapa sumber yang berbeda.

Baca Juga : Pengertian Selector Pada CSS

Cara menemukan RSS Feed

Rss Feed menggabungkan sumber informasi di suatu website dan memberikan update notice ketika web tersebut menambahkan konten baru. Dengan media sosial, yang Anda lihat hanya hal favorit yang dibagikan orang lain. Namun dengan Rss Feed, Anda melihat semua yang diterbitkan website.

Untuk menemukan RSS Feed pada website, anda perlu mengunjungi salah satu website. Beberapa website menampilkan RSS Feed mereka berupa tombol berwarna oranye yang mungkin mengandung akronim RSS atau XML.

Ketika kamu menemukan RSS Feed klik icon RSS tersebut atau link yang menampilkan file XML yang mengontrol Feed website. Kamu nantinya akan menggunakan link RSS itu untuk berlangganan feed di RSS reader.

Baca Juga : 10 Alasan PHP Laravel dianggap PHP Framework Terbaik 2019

Apa itu RSS Reader ?

Saat kamu berlangganan RSS Feed pada suatu website, RSS Reader akan menampilkan konten dari Website tersebut. RSS Reader yang paling populer adalah Feedly. Feedly adalah RSS Reader berbasis cloud yang tersedia di berbagai platform.

Feedly berjalan di bawah iOS, Windows 8, dan Android sehingga mudah untuk mengakses akun Feedly dari iPhone, iPad, Windows Phone, atau perangkat Android. Untuk mengakses Feedly kamu harus memiliki akun google.

Kamu bisa mengsubscribe RSS Feed pada feedly dengan cara berikut :

  1. Copy URL dari Rss feed yang kamu inginkan
  2. Paste URL tersebut pada search box feedly dan pilih RSS feed dari list source

Baca Juga : Menciptakan Framework Sendiri Tanpa Latar Belakang IT. Memang Bisa?

3. Pilih Follow

4.  4. 4. 4.Pilih new feed

5. Berikan nama untuk feed tersebut

6. Klik Create dan RSS Feed selesai di daftarkan

Keuntungan RSS Feed

RSS memberikan kemudahan untuk user berlangganan konten. Ketika menggunakan RSS feed, mereka (pengunjung/subscriber/user) dapat menerima update terbaru dari blog atau website secara langsung ke feed reader, aplikasi desktop, atau perangkat lainnya.

Pengguna yang berlangganan (subscriber) postingan di website kamu tidak perlu mengingat alamat URL karena mereka sudah dapat membawa konten ke dalam satu lokasi yang sama, dimana mereka bisa membacanya semuanya secara langsung. Konten kamu juga menjadi lebih portable, dan subscriber dapat menyimpannya secara offline.

Baca Juga Artikel Lainnya : Bahasa Pemrograman & Framework Yang Mana Yang Harus Dipelajari?

Sebagai pengguna atau subscriber, kamu dapat membaca website favorit dan menyimpannya ke dalam satu tempat. Ini membuat kamu lebih cepat menjelajah berita terbaru dari blog atau website yang kamu suka. Bahkan, kamu bisa meninggalkan komentar jika menyukai salah satu artikel di dalam blog tersebut langsung dari aplikasi feed feeder.

Kebanyakan dari feed reader saat ini melakukan penyusunan daftar bacaan melakukan kategori atau grup. Tentu ini akan meningkatkan dan memaksimalkan waktu kamu membaca.

Sumber : Lifewire.com

*Artikel ini pernah tayang di website Babastudio.com

Share.

About Author

Babastudio

Berdiri sejak tahun 2003 telah memiliki lebih dari 15.000 peserta kursus dan telah berpengalaman dan dipercaya dalam menangani ratusan klien korporat dan pemerintahan. Pengalaman keberhasilan dalam dunia online adalah yang paling utama kami berikan kepada peserta didik dan itu sangat tidak ternilai harganya.

3 Komentar

  1. Pingback: 8 Rahasia Windows 10 yang Belum Diketahui Semua Orang! | TechForID

  2. Pingback: Cara Menjadi Developer React Native Yang Dicari Banyak Perusahaan! |

Leave A Reply