Cyber Security

RS di Israel Gencar Diserang Hacker Asal Cina, Apa Motifnya ?

RS di Israel Gencar Diserang Hacker Asal Cina
Written by Techfor Id

Baru-baru ini telah terjadi peristiwa peretasan besar-besaran yang terjadi di salah satu rumah sakit di negara Israel. Kabar ini dikonfirmasi berdasarkan pernyataan Kepala keamanan siber Kementerian Kesehatan Israel, Reuven Eliyahu.

Mentri Reuven mengatakan kalau kejadian Hacking ini mengincar Rumah Sakit Hillel Yaffe di wilayah Hadera. Skala peretasannya pun kabarnya sangat besar dan dilakukan oleh peretas Cina dengan motif murni finansial.

Mengutip berita Channel 12, kabarnya serangan cyber ini berupa Ransomware yang melibatkan  pembobolan jaringan entitas untuk mengenkripsi datanya.

Usai di enskripsi, kemudian meminta tebusan dan biasanya dibayar melalui cryptocurrency untuk membukanya. Karena Hillel Yaffe merupakan rumah sakit pemerintah Israel, konon RS tersebut dilarang membayar uang tebusan yang diminta dan belum ada kabar lebih lanjut.

Para perawat yang berusaha mengatur kondisi ruang pasien tanpa bantuan sistem IT. Foto : timesofisrael.com

Akibat serangan ini, Beberapa prosedur rumah sakit yang tidak bersifat mendesak terpaksa harus dibatalkan. Serangan ini juga sempat menyebabkan beberapa sistem IT rumah sakit menjadi tidak berfungsi dan membuat para perawat harus menggunakan sistem IT alternatif.

Baca Juga : Israel Vs Hamas, Begini Gambaran Perang AI Pertama di Dunia

Pada hari minggu 17 Oktober lalu, sebenarnya Kementrian dan Direktorat sudah menganalisa potensi serangan ini dan sempat mengagalkan beberapa diantaranya. Namun karena yang ditargetkan terbilang cukup banyak dan berskala besar, adapun 9  serangan siber yang berhasil lolos.

Aneh dan uniknya, bulan Juli lalu sebuah perusahaan kemanan siber bernama Check Point melaporkan kalau lembaga-lembaga Israel kian menjadi target serangan siber sebesar 2 kali lipat kalau dibandingkan dengan rata-rata di Negara lain diseluruh dunia.

Umumnya serangan siber ini ditujukan kepada sektor kesehatan di Negara tersebut dengan rata-rata serangan sebanyak 1.443 setiap minggunya.

Laporan tersebut menemukan bahwa, rata-rata, satu dari setiap 60 organisasi atau perusahaan Israel ditargetkan setiap minggu dengan serangan ransomware, meningkat 30% sejak tahun 2020.

Baca Artikel Selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu