Tips Baca Cepat Untuk Pecinta Sistem Kebut Semalam (SKS) !

1

Menunda-nunda pekerjaan itu tidak baik. Tapi entah mengapa selalu saja tergoda untuk melakukannya. Misalnya, besok ada ujian tapi sekarang malah scrolling media sosial. Terpaksa deh, nanti malam baru belajar dengan SKS (Sistem Kebut Semalam), deh.

Pernah mengalami hal serupa atau malah sedang merasakannya? Kalau cuma baca biasa, nanti malah nggak hafal, lho! Tenang, ada trik jitu nih supaya kamu bisa baca cepat dan mengingatnya dari Aulia Halimatussadiah, Co-Founder Storial.co.

“Sebenernya cara membaca buku yang efektif itu pertama harus tau dulu kenapa mau membaca, tujuannya apa,” kata Aulia.

Perempuan yang akrab disapa Salsabeela itu memberi contoh, jika ia sedang ingin belajar digital marketing, ia akan langsung membuat list berisi beberapa buku yang disarankan oleh para expert di bidang itu untuk kemudian dibaca secara efektif.

“Dari list itu, misalnya saya ambil 10 buku dan saya kumpulin dulu bukunya dengan beli dimanapun, abis itu saya bikin target untuk selesai membaca semuanya, let’s say 1 minggu. Jadi ya udah 1 hari bisa 1-2 buku, karena saya membaca lumayan cepat jadi ada teknik tertentu yang saya lakukan,” jelas Salsabeela.

tempat kursus seo

Baca Juga :Ingin Jadi Data Scientist? Pelajari Skillset Berikut Ini!

Teknik yang ia maksud adalah, membaca buku seakan-akan ada orang main ski di buku yang sedang kamu baca. Karena orang bermain ski itu selalu bergoyang ke arah kanan dan kiri, maka teknik membaca cepat juga harus mengikuti cara orang bermain ski, yakni membaca sebelah kanan dan kiri secara bergantian.

“Ikutin gerakan orang main ski, jadi kita ikutin ke kanan kiri, kanan kiri biar cepat. Saat ada hal yang bener-bener saya perlu, aku berhenti dan barulah membaca dengan lebih lambat. Setelah saya selesai, saya highlight yang penting-penting, dan semuanya dikumpulin buat dibaca lagi, highlight-nya aja,” lanjut Salsabeela.

Setelah membuat highlight, ia akan menuliskannya di post-it notes, kemudian menempelkannya di dinding kamarnya.

“Yang ditulis di post-it notes itu poin-poin apa yang ingin saya jalanin sesuai yang disarankan sama buku ini. Jadi bener-bener makin terstruktur, makin kecil, tapi ada juga action point-nya,” kata Salsabeela.

Dengan teknik ini, Salsabeela menjamin membaca akan jadi lebih cepat dan efektif, lho!

Baca Juga : Mau Kerja di Media? Ini Skill yang Harus Kamu Miliki!

“Banyak orang kalau minta diceritain isi bukunya, nggak inget lagi. Tapi dengan teknik yang saya jelasin tadi, bukan cuma baca terus selesai, tapi bisa langsung diaplikasiin. Highlight ini kalau pake Kindle atau apa. Tapi kalau di print, aku pake highlighters (re: stabilo) juga. Tiap udah di highlight, saya tulis di post-it dan tempel di dinding kamar, saat saya udah hafal baru saya turunin dari dinding kamar saya,” kata Salsabeela.

Selain membaca cepat dan menuliskannya kembali di post-it notes, agar kamu semakin ingat dengan apa yang baru kamu baca, kamu juga bisa sambil mengajarkannya ke orang lain, supaya makin hafal.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

“Jadi begitu saya selesai baca satu buku, saya bisa langsung ngajak ngopi temen atau ada menti yang ngajak ngobrol, akan langsung saya kasitau, ‘Eh tau nggak untuk kayak gini ada cara kayak gini-gini’ jadi langsung dari bukunya. Itu mengikat ilmu saya dari buku di otak,” kata Salsabeela.

Meskipun teknik di atas kelihatannya sulit, apalagi soal membaca cepatnya, kamu jangan menyerah! Dengan perbanyak latihan, dijamin kamu bisa baca buku dengan cepat dan mengingatnya untuk selamanya.

“Emang untuk baca cepat harus latihan. Makin sering dilakukan, makin terbiasa. Kalau emang mau baca buat entertainment justru beda lagi, harus se-slow slow nya. Misalnya mau ke Bali dan mau duduk-duduk santai baca novel, ya bacanya lambat-lambat aja nggak usah buru-buru, santai aja,” jelas Salsabeela.

Berikutnya Baca : Tips Jitu Memotivasi Karyawan

Share.

About Author

Techfor Id

1 Komentar

Leave A Reply