Ini Dia 6 Dampak Negatif Fintech!

5

Sudah banyak berita seputar perusahaan fintech yang justru merugikan para penggunanya bukan? Maka dari itu, wajib bagi Kamu mencari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan fintech yang hendak Kamu ajak kerja sama. Jangan sampai, Kamu justru malah merugikan diri Kamu sendiri. Karena bahaya sejumlah fintech juga bisa membuat orang terjerumus ke hal-hal yang sangat merugikan masa depan.

Baca Juga : Pengertian Fintech dan Contoh Pemanfaatannya untuk Kehidupan

Beberapa Dampak Negatif Fintech

Terdapat beberapa dampak negatif yang ditimbulkan oleh fintech, antara lain sebagai berikut.

1.Penyelewengan Dana Nasabah

Ban yak sekali produk keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan fintech. Salah satu produk yang dikeluarkan adalah produk penggalangan dana yang memungut bunga dalam jumlah besar. Hal yang membahayakan adalah sejumlah  produk penggalangan dana ini justru tidak memiliki izin yang jelas dan tidak terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJk) sehingga bisa dikatakan illegal.

Sudah banyak pemberitaan di mana-mana yang menyebutkan bahwa sejumlah nasabah mengalami kerugian akibat penyelewengan dana nasabah yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan fintech yang tidak berizin tersebut sehingga justru menyebabkan nasabah kehilangan dana yang sudah diinvestasikan tersebut.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

2. Penipuan Berkedok Investasi

Perusahaan fintech sebenarnya memberikan kemudahan investasi bagi masyarakat di mana saja dan kapan saja. Akan tetapi, sejumlah perusahaan fintech justru mendirikan usaha dengan tingkat risiko yang tinggi, tidak memiliki kejelasan arah kerjanya, dan bahkan ilegal (bodong).

Baca Juga Artikel Tentang Fintech :

Oleh karena itu, pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berusaha berperan dalam melindungi para masyarakat dan mengimbau untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh sejumlah perusahaan fintech. Sebaiknya, Kamu jangan mudah tergiur dan langsung percaya terhadap tawaran dari perusahaan fintech yang belum jelas kredibilitasnya.

3. Kasus Penipuan Berkedok Pinjaman

Saat ini cukup marak kasus penipuan yang dibalut dalam wadah pinjaman. Kemudahan meminjam uang secara sistem online menyebabkan banyak masyarakat terjerumus ke dalam lingkaran fintech yang tak berkesudahan.

Tak sedikit pelaku penyedia pinjaman uang online yang melakukan manipulasi kepada penggunanya untuk terus mengajukan pinjaman uang. Banyak yang kemudian memanfaatkan KTP orang yang tidak mengajukan pinjaman, akan tetapi tiba-tiba mengirimkan uang ke rekening orang tersebut dengan mematok pengembalian bunga yang tinggi sehingga membuat orang terlilit hutang di fintech.

Baca Juga Artikel Terkait : Manfaat Fintech Bagi Masyarakat

4. Mengancam Usaha Perbankan untuk Gulung Tikar

Akibat maraknya perusahaan fintech, hal ini dapat menyebabkan usaha sejumlah perbankan menjadi gulung tikar. Dunia perbankan yang masih konvensional sata ini perlahan mulai ditinggalkan. Karena kemudahan yang ditawarkan sejumlah perusahaan fintech menyebabkan sebjumlah nasabah memilih beralih ke fintech dibandingkan memanfaatkan perbankan yang padahal jauh lebih aman.

Akibat penggunaan sistem yang menggeser peran manusia, menyebabkan sejumlah karyawan yang dulunya bekerja di perusahaan perbankan menjadi kehilangan pekerjaannya karena banyaknya perusahaan fintech yang berkembang di masyarakat saat ini.

5. Ketergantungan terhadap Internet

Akibat penggunaan fintech yang sangat bergantung pada internet, maka mau tidak mau masyarakat menjadi ketergantungan terhadap keberadaan internet. Padahal, penggunaan internet yang berlebihan juga memberikan dampak buruk bagi masyarakat.  Jika seaktu-waktu ada masalah pada jaringan internet, maka transaksi keuangan yang dilakukan bisa saja trehambat. Hal ini tentu akan berimbas buurk pada perekonomian.

6. Menumpuknya Aplikasi Fintech di Ponsel

Akibat mudahnya penggunaan aplikasi fintech, maka banyak orang yang justru menumpuk aplikasi fintech di ponselnya sehingga akan membuat ketergantungan terhadap fintech semakin nyata adanya. Hal ini tentu akan rawan meningkatkan stres seseorang ektika harus dikejar oleh ketakutan pembayaran tagihan di sejumlah aplikasi fintech yang digunakan.

Penyebab Kasus Penipuan Fintech

Banyak penyebab terjadinya kasus penipuan oleh sejumlah perusahaan fintech, antara lain sebagai berikut.

1. Kurangnya Pengawasan dan Regulasi

Akibat menjamurnya perusahaan fintech, ternyata masih banyak juga yang kurang dalam segi pengawasan dan regulasinya sehingga cenderung berbahaya. Padahal, sedang marak tindak kejahatan yang mengatasnamakan fintech sehingga sangat perlu adanya pengawasan dan regulasi yang jelas.

Baca Juga : Stop Bakar Uang! Begini Cara Startup Bisa Sukses dan Untung

2. Minimnya Pengetahuan Masyarakat terhadap Keamanan Data

Meski terkesan mudah, jangan salah jiba sejumlah perusahaan fintech justru memungkinkan untuk melakukan pencurian data pribadi Anda. Padahal, keamanan data sangat penting untuk Anda jaga agar tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Rendahnya Kesadaran Masyarakat akan Legalitas

Banyak dari masyarakat yang belum mengetahui secara jelas seputar pentingnya legalitas. Dengan amraknya perusahaan fintech yang tidak mengantongi surat legalitas, tentunya akan sangat membahayakan para penggunannya bukan? Tak jarang akibat tidak adanya legalitas tersebut, membuat sejumlah perusahaan fintech memanfaatkan data kamu secara sembarangan.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mulai menggunakan jasa fintech yang belum jelas kelegalitasannya? Tentu mulai dari sekarang kamu harus mulai waspada terhadap tawaran yang diberikan oleh sejumlah perusahaan fintech. Terlebih saat ini iklan-iklan produk fintech sudah banyak bertebaran di mana-mana sehingga akan mempermudah masyarakat untuk tergiur dengan tawaran tersebut.

Sebaiknya, bijak-bijaklah dalam memanfaatkan segala kemudahan yang diberikan oleh teknologi. Sehingga kamu dapat terhindar dari masalah yang bisa menghantui Anda kapan saja dan dimana saja. Jangan sampai, niat kamu untuk memperoleh keuntungan jsutru berubah menjadi kerugian yang besar ya!

Baca Juga Artikel Fintech Lainnya Yang Menarik : Apa Sih Fintech Syariah? Semua Jawaban Ada Disini

Sumber : https://fidusiana.com/dampak-negatif-fintech/ 

Share.

About Author

Techfor Id