Pengertian Fintech dan Contoh Pemanfaatannya untuk Kehidupan

8

Teknologi kini makin berkembang dan memanjakan manusia sebagai penggunanya. Misalnya saja fintech. Lantas, apa pengertian fintech yang sebenarnya?

Kamu mungkin tak asing lagi dengan istilah fitech. Namun, sudahkah Kamu paham pengertiannya dengan benar? Apakah pengertiannya yang sebenarnya dan apa fungsinya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Fintech

Fintech sebenarnya merupakan singkatan dari financial technology. Sesuai dengan kepanjangannya, fintech merupakan perkembangan teknologi yang berkaitan dengan urusan finansial.

Dilansir dari Jojonmic, tak ada pengertian baku tentang fintech. Hanya saja, National Digital Research Centre atau NDRC menjelaskan pengertian fintech sebagai segala inovasi yang berkaitan dengan teknologi finansial atau jasa keuangan, baik berupa aplikasi maupun rancangan ide yang masih erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi.

Fitech bisa meliputi segala bidang yang berkaitan dengan finansial, mulai dari sistem pembayaran, pembukuan, pengumpulan dana, pinjaman, dan bahkan pengelolaan aset. Oleh karena itu, tak heran jika fintech tak bisa lepas dari berbagai aspek kehidupan, terutama dunia bisnis. Lantas, apa pentingnya fintech?

Fintech adalah hal hal penting seiring dengan berkembanganya teknologi. Pasalnya semua aspek kehidupan sudah pasti melibatkan finansial alias keuangan. Jika aspek lain sudah go digital, maka proses transaksi keuangan juga harus didigitaliasi agar selaras dan segala hal yang sudah memanfaatkan teknologi bisa dilakukan lebih mudah dan cepat.

Manfaat Fintech Bagi Kehidupan

Pernahkah Kamu melakukan transaksi online? Misalnya saja melakukan pembelian melalui e-commerce. Jika pernah, coba perhatikan sistem pembayaran yang digunakan, tentunya tak lepas dari pemanfaatan teknologi, bukan? Pemanfaatan teknologi semacam inilah yang menjadi salah satu contoh sederhana dari fintech.

Baca Juga Artikel Terkait : Apa Sih Fintech Syariah? Semua Jawaban Ada Disini

Lantas, apakah hanya itu manfaat fintech bagi kehidupan? Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian berikut!

  • Fintech untuk Kemudahan Transaksi

Selain digunakan untuk pembayaran online, fintech juga digunakan untuk mempermudah urusan transaksi lainnya. Misalnya saja saat Kamu pergi ke ATM untuk mengambil uang. Dahulu, Kamu harus membawa serta kartu ATM Kamu. Namun, dengan inovasi yang ada saat ini, proses pengambilan uang melalui ATM juga bisa dilakukan tanpa kartu alias cashless.

  • Fintech untuk Pembukuan Transaksi

Sudah sewajarnya jika segala transaksi dibukukan dengan teliti. Jika mengandalkan tenaga manusia, pencatatan transaksi ini bisa saja mengalami kesalahan karena adanya human error. Oleh karena itu, fintech hadir untuk memudahkan pencatatan transaksi.

Contoh nyatanya adalah pencatatan transaksi penjualan pada supermarket. Pernahkah Kamu membayangkan jika tak ada pencatatan otomatis yang menangani transaksi penjualan? Tentunya pembuatan laporan penjualan akan sangat rumit dan merepotkan karyawan, bukan?

Bukan hanya itu, pembukuan transaksi harian sudah pasti membutuhkan waktu lama, membutuhkan banyak tenaga dan akhirnya memaksa pelaku bisnis supermarket atau retail lainnya mengeluarkan uang ekstra untuk menggaji karyawan.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

  • Fintech untuk Pengelolaan Aset

Khusus untuk pemanfaatan fintech yang satu ini, biasanya penggunanya adalah perusahaan besar atau instansi pemerintahan yang memiliki banyak aset berharga. Fintech digunakan untuk pencatatan aset yang meliputi nama aset, lokasi, dan harga aset. Inovasi terbarunya, fintech juga bisa digunakan untuk meramalkan nilai aset di waktu mendatang sehingga mempermudah para investor memprediksi untung atau rugi yang didapat.

  • Fintech untuk Pengelolaan Keuangan

Pernahkah Kamu menemukan aplikasi pengelola uang? Aplikasi tersebut sebenarnya merupakan bagian dari fintech yang seringkali diabaikan. Meski terkesan sangat sederhana, aplikasi semacam ini tergolong inovasi baru di bidang finansial yang bisa membantu Kamu mengatur pengeluaran dengan lebih baik.

Jika meninjau dari pengertian fintech yang merupakan inovasi teknologi dan akan terus berkembang, bukan tak mungkin jika aplikasi pengelola uang terus memunculkan inovasi baru yang artinya menjadi pembaruan fintech dalam bidang pengelolaan uang.

Misalnya saja, dulu aplikasi pengelola uang hanya berupa pencatatan uang masuk dan keluar. Namun, aplikasi pencatatan uang kini sudah jauh berkembang. Sudah ada aplikasi pegelolaan uang yang dilengkapi dengan asisten virtual yang memberikan saran untuk keuangan Kamu dengan mudah.

  • Fintech untuk Layanan Finansial

Setelah memahami pengertian fintech, Kamu tentunya paham jika pemanfaat fintech tak akan jauh-jauh dari perkara finansial. Salah satunya adalah untuk mewujudkan layanan finansial yang lebih efektif dan efisien.

Mari berkaca pada 10 tahun lalu

apa yang Kamu lakukan ketika akan menabung di bank? Antre di teller? Tentunya hal ini sangat membosankan, bukan?

Beda halnya dengan sekarang, Kamu yang ingin menabung hanya perlu mengunjungi agen yang sudah ditunjuk oleh pihak bank atau pihak yang memang sengaja mengajukan diri sebagai agen suatu bank. Agen tersebut memiliki mesin EDC yang mampu mencatat dan meneruskan transaksi yang Kamu buat ke pihak bank yang bersangkutan.

Hanya saja, layanan ini sekarang kurang diminati karena sudah ada teknologi setor tunai lewat ATM. Inovasi-inovasi baru di dunia finansial inilah yang menjadi bagian dari fintech yang terus berkembang.

Pemanfaatan fintech untuk layanan finansial lain yang paling baru adalah proses pembukaan rekening secara online. Memang belum banyak bank yang mengaplikasikan inovasi fintech yang satu ini. Namun, inovasi pembukaan rekening dari rumah secara online ini sangat menguntungkan calon nasabah. Mereka yang ingin membuka rekening hanya perlu mengisi data diri dan kemudian melakukan verifikasi melalui video call dengan customer service.

Sudah paham dengan pengertian fintech dan manfaatnya untuk kehidupan? Melihat definisi fintech dan manfaatnya di atas, tentunya Kamu akan makin sadar jika kehidupan tak akan pernah bisa dipisahkan dari yang namanya teknologi.

Share.

About Author

Techfor Id