Cyber Security

Arti Kode HTTP yang Kadang Muncul di Laman Web

Avatar photo
Written by Techfor Id

Ketika sedang mengakses situs terkadang muncul kode Hypertext Transfer Protocol (HTTP), apa yah artinya? Sistem yang digunakan untuk mengatur cara pengiriman data antara dua perangkat, seperti server internet dan komputer.

Sebelum data terkirim, server akan mengirimkan sejumlah HTTP Header, status mengenai alamat web yang diakses. Jika laman web yang diminta tidak tersedia, maka akan muncul kode 404.

Berikut techforID rangkumkan arti kode HTTP yang sering muncul saat mengakses situs, mengutip dari CNET.

404

404 kode yang sering ditemui, artinya laman tidak dapat ditemukan. Saat ini, beberapa situs akan mendesain halaman kode kesalahannya dengan gambar anak anjing, tautan ke halaman lain, atau ilustrasi lucu untuk menghibur saat situs tidak dapat diakses.

Untuk memperbaikinya, harus memeriksa ulang URL, apakah salah ketik dan coba lagi. Jika mengetik URL dengan benar dan masih belum beruntung, halaman tersebut mungkin telah dipindahkan atau dihapus.

503

Pesan “503 Service Unavailable” akan terlihat ketika server situs web sedang down dan tak bisa diakses sampai situs diperbaiki. Kemungkinan server situs sedang tak aktif lantaran pemeliharaan atau terlalu banyak orang yang mengakses sehingga menyebabkan situs kelebihan beban.

Bisa juga situs memiliki bug, atau seseorang yang ingin menimbulkan masalah telah membuat situs offline. Solusinya, hanya perlu mencoba lagi nanti beberapa menit untuk melihat apakah masalah server telah teratasi.

Baca juga: Amerika Serikat Buat Sayembara 143 Miliar Tangkap Hacker DarkSide

400

Saat mengunjungi situs di Google Chrome, kemudian mendapatkan pesan, “Halaman ini tidak berfungsi saat ini” bersama dengan beberapa panduan tentang menghubungi administrator situs web. Biasanya, ini disebabkan oleh kesalahan pada Anda.

Mungkin ada kesalahan ketik pada URL dan server tak memahami permintaan, atau file yang diunggah terlalu besar. Coba bersihkan cache terlebih dahulu dan periksa URL untuk kesalahan ketik. Jika masih tidak berfungsi, ikuti saran Google.

410

Kode 410 adalah status bahwa situs yang dikunjungi tidak tersedia. Mungkin akan terlihat pesan seperti, “Halaman ini tidak ada” atau “Halaman dihapus atau hilang”. Sudah mengunjungi halaman yang tepat, tetapi administrator situs web mungkin telah menghapusnya untuk selamanya.

451

Kode 451 memblokir agar tidak melihat URL lantaran berbagai alasan hukum atau telah terjadi pelanggaran. Menurut Mozilla, individu atau organisasi telah mengajukan tuntutan hukum untuk menghapus konten atau halaman tersebut. Bisa juga karena diblokir sensor pemerintah.

Kadang akan terlihat penjelasan hukum di halaman dengan kode status, tetapi itu tidak selalu terlihat. Jika ingin untuk melihat kontennya, bisa melakukannya dengan beberapa taktik, seperti menggunakan VPN atau server proxy yang berfungsi sebagai alat untuk melewati batasan server.

301

Mungkin pernah mendengar tentang “pengalihan 301” tetapi belum pernah melihat kode ini ditampilkan di situs. Anggap saja sebagai transisi mulus dari satu URL lama ke URL baru, seperti meneruskan email.

Sebelumnya masih harus melihat halaman web yang diinginkan, tetapi kemungkinan memiliki URL yang berbeda dari yang dimasukkan. Bahkan, jika Anda menggunakan URL lama, tetap secara otomatis dialihkan ke yang baru. Tandai URL baru untuk referensi di masa mendatang.

Baca artikel selanjutnya:

About the author

Avatar photo

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu