Begini Cara Asah Skill Kreatif Kamu!

5

Era modern atau digitalisasi terus berkembang pesat dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia bekerja. Karena perkembangan terus berjalan dengan cepat, kita harus mampu mengikutinya supaya nggak ketinggalan jaman.

Jangan bingung, jangan takut. Forum Ekonomi Dunia (WEF) baru-baru ini merilis skill apa saja yang kamu butuhkan untuk bisa bersaing di era digital ini. Salah satu yang menarik perhatian adalah skill kreativitas.

Yup, di era digital yang menuntut segala hal dikerjakan oleh teknologi atau robot, kreativitas adalah skill yang bisa diandalkan manusia untuk bisa bersaing.

Vikri Ardiansyah, CEO VA Creative Group pun memberikan pandangannya serta tips-tips menjaga kreativitas yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari. Baca sampai habis, ya!

Di Ekonomi Forum, Skill Kreatif Naik, Dari Nomor 10 Jadi Nomor 3

Menurut bapak, melihat market sebagai peluang itu, karena bapak kreatif atau harus kreatif karena peluang yang ada di market seperti itu?

Saya setuju kreativitas di masa sekarang itu sangat penting!

Even sekarang banyak bisnis atau tipe-tipe pekerjaan atau profesi yang mengedepankan kreativitas, bukan eksak lagi. Even hal yang nggak disangka-sangka, seperti dokter. Sometimes sekarang butuh sisi kreativitasnya juga untuk berkomunikasi dengan orang seperti apa, mempromosikan dirinya seperti apa, bisa dapetin exposure dari sosial media.

Kreativitas itu jadi bagian yang melekat hampir di setiap bisnis. Ketika mereka pengen survive atau stay ahead on the competition. Kalo buat saya, lebih karena experience saya banyak di agency, saya ketemu banyak orang kreatif seperti apa, bagaimana cara mereka menyelesaikan persoalan-persoalan brand di sisi kreatif melalui message, melalui gambar, melalui video, gimana caranya message-message tersebut memberikan impact bagi brand itu seperti apa.

Dari situ saya banyak belajar. Saya melihat kreativitas ini jadi hal yang penting, jadi salah satu core bisnis, terlebih di bisnis saya ini memadupadankan kreativitas dengan teknologi. Jadi selain membawa kreativitas kita support efisiensinya dengan teknologi.

Cara Agar Bisa Kreatif?

Ada banyak sih. Misalkan ngobrol, tanya ke temen-temen, mungkin mereka bisa came up dengan experience yang nggak kita bayangkan dan bisa kita pergunakan. Lalu misalnya kita bisa typing on Google untuk cari ide dan solusi-solusi permasalahan kita itu seperti apa, nanti kita bisa dapetin itu banyak kayak literatur, case study, dari banyak hal sebelumnya yang bisa kita adaptasi.

Nggak bilang nyontek, tapi even innovation itu you learning on something previously yang kita tweak kedepannya seperti apa. Baca buku juga bisa. Dan mungkin saya suka ngayal ya. Lebih seneng thinking out of the box untuk beberapa solusi-solusi yang bisa didapatkan untuk pekerjaan saya. Sometimes it works sometimes ot doesn’t but it’s worth to try. 

Jangan karena kamu bukan belajar di bidang kreatif sebelumnya, nggak pernah bekerja di bidang kreatif, jadi menghambat kamu berpikir kreatif. Kita sudah bisa berpikir kreatif sebelumnya tanpa harus belajar atau bekerja di bidang kreatif.

Banyak source yang bisa jaga kreatif kita.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Share.

About Author

Techfor Id