Ini Dia Manfaat Blockchain Demi Keberlangsunan Bisnis Anda Di Masa Depan!

9

 

Sampai dengan saat ini, implementasi teknologi Blockchain masih didominasi oleh aplikasi mata uang kripto. Namun sebenarnya manfaat Blockchain tidak terbatas hanya pada transaksi mata uang kripto saja lho!

Nah apa saja sih kegunaan teknologi ini bagi para pebisnis? Mari kita simak paparannya berikut ini!

Bagaimana sih pentingnya blockchain di masa depan bagi para pebisnis? Simak di sini!

Di masa depan, kelak inovasi Blockchain juga diprediksi akan berpotensi untuk diaplikasikan pada hal-hal berikut:

  1. Pembayaran lintas negara – Proses transfer uang antar negara umumnya menuntut biaya yang mahal dan waktu yang lama, sehingga transaksi ritel mengalami beberapa hambatan. Nah masalah ini akan terselesaikan dengan mudah jika mengaplikasikan sistem Blockchain, karena proses transaksi tidak lagi membutuhkan agen kliring ataupun Bank serta sistem yang secara otomatis mengkonversi mata uang. So, biaya transaksipun dapat dikdiminimalisir, lebih cepat dan praktis pula. Sebagai gambaran, Jamie Dimon, CEO JPMorgan Chase, tokoh yang sangat menentang inovasi Bitcoin karena menganggap mata uang tersebut sebagai penipuan, justru malah berinvestasi besar lho pada Blockchain untuk meningkatkan kecepatan transaksi lintas negara, dan katanya “from weeks to hours”. Waw!
  2. Kliring, obligasi, dan settlement – Transaksi produk finansial seperti obligasi, saham dan kontrak berjangka pasti membutuhkan jeda waktu beberapa hari untuk proses verifikasi, administrasi, hingga Settlement dana ke akun klien. Nah dengan hadirnya inovasi Blockchain akan mempercepat proses transaksi dengan meringkas semua kegiatan dan proses administrasi, sehingga dana bisa cair dalam kurun waktu yang sangat singkat.
  3. Smart contract – Untuk proses jual beli barang dan jasa yang bernilai tinggi, biasanya pihak penjual dan pembeli akan membutuhkan pihak penengah seperti agen kliring dan bank untuk mengesahkan kontrak mereka. Nah proses tersebut bahkan dapat dipersingkat dengan hadirnya teknologi Blockchain sehingga kontrak dapat disahkan langsung tanpa keraguan dari kedua belah pihak.
  4. Smart asset – Proses manufaktur hingga pengiriman suatu produk atau barang berharga biasanya membutuhkan proses administrasi yang panjang dan rentan terkena human error. Blockchain akan mempersingkat proses tersebut serta mencatat secara detail setiap langkah-langkahnya sehingga pelanggan dapat mengakses waktu dan siapa saja pihak yang terlibat dalam proses produksi dan distribusi, serta keaslian dari produk tersebut.
  5. Identitas digital – Saat ini identitas digital memang masih belum diimplementasikan dengan sempurna terutama di Indonesia, hal ini disebabkan karena masalah trust gap. Nah dengan solusi teknologi Blockchain ini, data identitas digital dapat dimanage dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Bahkan, dapat menyertakan catatan smart asset dan smart contractnya dengan mudah.

Satu lagi manfaat lain dari blockchain untuk mengasah keterampilan bisnis anda!

Blockchain merupakan sistem terdesentralisasi dan terdistribusi pada seluruh komputer dan jaringan pengguna yang terkoneksi. Artinya, catatan transaksi yang sudah terjadi pada sistem tersebut bisa dilihat dan dikelola oleh semua orang, namun tidak dapat dirubah sama sekali. Oleh karena itu catatan tersebut tidak bisa dipalsukan.

Namun, manfaat Blockchain tak hanya itu saja. Bahkan, para pebisnis masa kini perlu pemahaman akan blockchain dalam mengasah keterampilan bisnisnya. Hal ini sangat erat kaitannya antara keputusan penggunaan sistem blockchain dengan mengasah kemampuan analitik dari para pelaku bisnis.

  1. Berpikir kritis – Pengusaha wajib memiliki pemikiran yang kritis karena hal itu dapat menyelamatkan mereka dari kerugian besar. Memang benar seorang pengusaha wajib berani mengambil resiko namun pengambilan keputusan tanpa pertimbangan baik-baik akan berdampak pada kerugian. Begitupun dengan keputusan menggunakan teknologi keuangan blockcain, pebisnis harus menganalisa lebih jauh tentang kebutuhan serta peluan mereka di bidang ini.
  2. Fokus dan disiplin – Dalam setiap bidang usaha, kita akan selalu dihadapkan dengan berbagai masalah bukan? Nah jika kita memiliki sikap fokus dan disiplin, maka hal itulah yang akan menolong kita keluar dari permasalahan bisnis kita.
  3. Kompetitif -Sebagian besar bisnis berawal dari ide yang unik bukan? Sama juga dengan peluncuran teknologi Blockchain. Teknologi tersebut sejak diciptakan sudah dibekali dengan segudang fungsi dan manfaat yang bahkan belum pernah ada di dunia. Blockchain bisa diaplikasikan pada mata uang kripto, perbelanjaan, perbankan, bahkan untuk industri penerbangan lho! Itulah kenapa teknologi ini akhirnya sukses memikat perhatian para investor. Nah keterampilan-keterampilan tersebut bisa kita diperoleh dari pemahaman akan teknologi Blockchain.
  4. Kejujuran – Blockchain memastikan tidak akan ada kecurangan yang terjadi dalam seluruh transaksinya, karena biasanya pelanggan selalu menjadi pihak yang tercurangi. Selain itu, keunggulan sistem ini terlihat pada transparansi. Customer dapat melihat seluruh proses dari perjalanan atau histori sebelumnya produk itu sebelum mereka memutuskan untuk membelinya.
  5. Selalu mempertimbangkan sesuatu dan waspada – Sebelum kita memutuskan untuk berinvestasi pada produk berteknologi blockchain, kita perlu berhati-hatilah dalam hal ini, kita perlu berhati-hati dengan penawaran ICO dengan janji imbal balik yang terlalu muluk. Karena tidak semua mata uang kripto akan meroket secepat Ethereum atau berharga setinggi Bitcoin saat ini. Banyak pertimbangan yang harus diperhitungkan di mana beberapa aspek pasti akan sulit dipahami oleh investor tanpa wawasan di bidang Blockchain Development.
  6. Mempertimbangkan user interface dan user experience – Para pengusaha yang mulai melebarkan sayap bisnisnya di bidang teknologi Blockchain tentu harus tanggap dengan masalah-masalah yang terjadi terhadap UI dan UX di bidang ini.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Contoh, Bitcoin sendiri memiliki kelemahan dari segi transparansi, yaitu sistem Blockchainnya yang bersifat anonim. Ini mengakibatkan sulitnya pihak berwenang untuk mengetahui siapa saja yang terlibat dalam suatu transaksi. Lalu adaptabilitasnya, semakin mudah suatu inovasi untuk diadaptasi atau diterima oleh para penggunanya, maka semakin cepat pula perambahan jaringannya.

Jadi, selesai sudah pembahasan kita mengenai berbagai kegunaan dan pengaruh memanfaatkan teknologi blockchain dalam pengembangan bisnis anda terutama yang bergerak di bidang finansial. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Share.

About Author

Techfor Id