Startup Unicorn di Indonesia !

12

Sampai dengan saat ini Indonesia telah mempunyai 5 besar perusahaan dengan gelar unicorn. Perlu anda ketahui jika julukan ini akan diberikan kepada startup-startup yang sudah mempunyai nilai valuasinya mencapai di atas 1 miliar dollar AS atau sama dengan rp, 14 triliun.

Beberapa startup Indonesia yang menyandang gelar unicorn:

1. Tokopedia

Perusahaan ecommerce rintisan yang terbilang sangat cepat berkembang ini menjadi perusahaan startup kedua setelah gojek asli Indonesia. Sejarah awal dari perusahaan ini adalah didirikan ole William tanuwijaya, dan leontinus alpha edisi di tahun 2009, mengapa startup ini menyabet gelar unicorn?

Dikarenakan tokopedia telah mendapatkan pendanaan dari perusahaan sekelas Alibaba group, yakni sebesar 1,1 miliar AS di tahun 2017.

Selain itu juga mempunyai misi terhadap pemerataan ekonomi secara digital dan sampai dengan saat ini telah di klaim mampu mendapatkan di lebih dari 9 juta pengguna aktifnya per bulannya dan 6,4 juga penjual.

Baca Juga :Startup Terbaik Indonesia

Sampai dengan saat ini pun tokopedia juga mempunyai kurang lebih 150 juta produk yang telah terdaftar, dan terdapat juga sistem pembayaran untuk para penggunanya. Nilai valuasi dari tokopedia ini sendiri mencapai 7 miliar dollar AS atau kurang lebih 99 triliun lebih.

2. Traveloka

Startup ini sendiri merupakan startup yang didirikan oleh ferry u., derianto k, dan albert z. di tahun 2012, adapun memang perusahaan ini lebih berfokus pada bidang travel dan juga pemesanan hotel. Tentunya hal ini akan di klaim sebagai startup travel asia tenggara yang pertama kali menyandang gelar unicorn.

Mengapa startup ini memperoleh gelar tersebut? Wajar karena traveloka telah mendapatkan kucuran dana hingga mencapai 350 juta dollar amerika dari perusahaan yang berada di bidang yang sama.

Sampai dengan saat ini startup ini telah mempunyai sejumlah produk yang tentunya bisa untuk anda dalam memenuhi kebutuhan end-to-end pelancong tanah air, mulai dari tiket pesawat, kereta api, sewa mobil, sewa bus serta juga tiket bioskop sampai dengan masalah kecantikan pun dilayani.

Pelayanan mencangkup negara asia tenggara mulai dari indonesia, vietnam, traveloka, malaysia, singapura dan juga filipina. Sampai dengan saat ini menurut salah satu sumber perusahaan ini telah mendapatkan nilai valuasi hingga mencapai setara 28 triliun rupiah.

Baca Juga Artikel Terkait :

3. Gojek

Pertama kali dibuat oleh nadiem makarim di tahun 2010 yang lalu, perusahaan yang berada di bawah PT. aplikasi karya anak bangsa ini adalah sebuah perusahaan startup yang asli dari indonesia pertama yang juga sebagai penyandang gelar unicorn.

Tentunya gelar ini akan didapati setelah kemudian gojek menjadi penerima dana kurang lebih sekitar 550 juta dollar amerika atau setara dengan 7,2 triliun rupiah. Dana tersebut mereka dapati dari investor di bulan agustus 2016 yang lalu, seperti sequoia capital India sampai dengan Warburg pincus.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Awalnya memang perusahaan ini lebih berfokus pada bidang transportasi yaitu go ride dan go car. Tapi sekarang ini mempunyai beraneka macam layanan yang memang bertujuan untuk dapat mempermudah aktivitas dari masyarakat, misalnya dengan adanya layanan seperti gofood, gomessage, gosend dan lain-lain.

Selain itu sampai dengan saat ini gojek telah berkembang pesat melebarkan sayapnya sampai ke luar negeri, negara yang dijangkau oleh gojek yaitu singapura, vietnam dan juga Thailand.

Baca Juga : 5 Tips StartUp-mu di invest Mandiri Capital Indonesia

Di vietnam dinamai dengan nama goviet sedangkan di Thailand dengan nama get!. Selain itu gojek telah menyandang gelar decacorn, ialah sebutan bagi startup yang mempunyai nilai valuasi mereka mencapai 10 miliar dollar as. Angka dari valuasinya mencapai 141 triliun rupiah.

4. Ovo

Ovo telah menjadi salah satu unicorn yang berasal dari Indonesia yang baru setelah lebih dari 4 perusahaan yang tadinya sudah disebutkan. Saat ini ovo sudah menjadi pelayanan pembayaran elektronik dengan besutan dari grup lippo, sampai dengan saat ini ovo telah mempunyai kurang lebih sebesar 2,9 miliar dollar as atau kurang lebih sekitar 41 triliun yang diakui oleh firma analis perusahaan c insight.

Selain itu ovo sendiri terkenal sebagai layanan dompet digital yang nantinya dapat menawarkan kemudahan-kemudahan dalam al bertransaksi dengan sejumlah mitra ovo yang lainnya. Platform ini juga dapat dipergunakan untuk anda dalam melakukan pembayaran aplikasi grab.

Baca Juga : Begini Cara Asah Skill Kreatif Kamu!

5. Bukalapak

Posisi keempat terdapat bukalapak, bukalapak merupakan salah satu dari perusahaan rintisan yang berada di bidang e-commerce yang didirikan oleh achmad a. n. dan fajrin di awal tahun 2010 yang lalu. Startup ini mendapatkan gelar unicorn kemudian setelah mendapatkan dari dana di beberapa grup investor paling besar. Salah satunya ialah emtek group dan 500 startup.

Yang paling baru lagi adalah bukalapak telah mendapatkan berbagai suntikan dana yang berasal dari perusahaan-perusahaan asal korea selatan.

Walaupun memang tidak disebutkan secara pasti mengenai jumlahnya emang adanya masuk dana ini telah membuat valuasi perusahaan yang di anggap dapat menjadi bisa lebih dari 2,5 miliar dollar as. Sampai dengan saat ini bukalapak telah menjadi perusahaan yang mampu memiliki ratusan juta transaksi dengan lebih dari jutaan pelapak yang terdapat d platform nya.

Di samping dari 5 buah startup yang telah di sampaikan tersebut terdapat satu daripada perusahaan rintisan yang memang sangat berpotensi untuk dapat menyabet gelar unicorn sebelum tahun 2019 ini.

Demikian adalah beberapa startup yang dapat menjadi motivasi anda yang sedang membangun, semoga informasi di atas bermanfaat dan menjadi bahan pelajaran untuk anda semua, terima kasih.

Berikutnya Baca : Contoh Startup yang Layak Diperhitungkan Sebagai Startup Potensial 2020, Siapa Saja Mereka?

Sumber: https://tekno.kompas.com/read/2019/10/07/20040027/ketambahan-ovo-ini-daftar-5-startup-unicorn-di-indonesia?page=all

Share.

About Author

Techfor Id