Cara Memulai Bisnis Startup

15

Apa itu startup? Memang jika ringkasnya startup ini merpakan sebuah bisnis yang terbilang masih dalam tahap pengembangan. Saat ini bisnis ini masih kental sekali dengan khas akan teknologi yang ada seperti aplikasi, web dan lain sebagainya. Namun nyatanya memang lebih daripada hal online atau digital saja tentunya.

Sampai dengan saat ini banyak sekali kaum muda yang ada di Indonesia makin berlomba untuk kemudian dapat membangun bisnis ini karena sebagian dari mereka bisnis ini sangat menantang untuk dijalankan. Tapi dalam hal membangun nyatanya sering kali orang merasakan kesulitan, karena pada nyatanya tidak semudah daripada yang dipikirkan oleh mereka sendiri terhadap startup.

Dalam hal membangun sebuah startup tentunya anda harus mengetahui beberapa aspek yang sangat harus anda ketahui di samping anda mempertimbangkan nantinya sebuah kualitas bisnisnya. Apa itu? Itu adalah pemasaran atau marketing nya dimana dari sini maka bisnis anda akan dikenal banyak orang.

Baca Juga : Startup Terbaik Indonesia

Cara memulai bisnis startup

Jika anda masih bingung mengenai bagaimana caranya anda memulai bisnis startup, di bawah ini penulis memberikan beberapa ulasan mengenai hal tersebut.

1. Menentukan tujuan

Tentunya usaha atau bisnis ini wajib anda punyai sebuah tujuan, maka daripada itu. Anda wajib untuk menentukan arah anda serta tujuan daripada startup anda yang ingin kemudian dibangun dan kemudian meringkasnya menjadi satu kalimat yang sangat jelas.

2. Anda dapat memulai ide daripada yang paling sederhana, dimana anda jangan mengikuti tren yang ada.

Untuk anda yang ingin memulai bisnis startup tentunya harus mempunyai produk yang akan dijual kepada masyarakat dan tentunya hal tersebut juga membutuhkan pemikiran atau ide yang matang. Produk yang dijual ini diharapkan jangan mengikuti tren apalagi dengan mengikuti tren yang terdapat di negara lain. Anda dapat memulai daripada ide yang terbilang sederhana nan kreatif menarik serta unik untuk di coba.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

3. Anda susun sedemikian rupa dengan baik garis waktu untuk dipergunakan dalam tujuan dan target yang nantinya ingin di capai.

Tidak mungkin memang jika anda ingin membuat atau membangun sebuah bisnis startup tanpa anda mempertimbangkan tujuan atau target anda, maka dari itu anda wajib mempunyai tujuan serta target yang jelas yang wajib anda capai nantinya. Sehingga anda akan memiliki arah untuk mengembangkan startup anda tersebut dan cita-cita atau goal anda tercapai dengan target yang lebih tinggi lagi.

Baca Juga : 5 Tips StartUp-mu di invest Mandiri Capital Indonesia

4. Menentukan dan melakukan analisa-analisa terhadap pasar yang ada

Sebelum anda melanjutkan untuk melakukan bisnis anda perlu juga untuk melakukan identifikasi mengenai target pasar yang nantinya akan di targetkan untuk menjual produk tersebut.

Tentunya hal ini sangat bertujuan untuk anda dapat mengetahui tentang kondisi daripada masyarakat yang ada saat itu, khususnya tentang sosial ekonominya, apakah mereka masih bersedia untuk atau tidak malahan mengeluarkan sejumlah uang guna membeli produk yang nanti dijual belikan.

5. Mempunyai tim yang positif dan juga solid

Segala sesuatu yang terdapat di dunia ini tentunya dengan kapasitas yang besar akan sangat membutuhkan perangan orang lain untuk dapat juga melakukannya dan tidak bisa anda lakukan sendirian.

Walaupun dapat dilakukan nyatanya akan menjadi tidak maksimal lagi. Maka anda tinggal memasukkan orang lainnya untuk kemudian dapat terlibat dalam pembangunan startup ada tersebut. Tapi orang yang harus anda percayai juga harus mempunyai visi yang terbilang sama dengan tujuan yang di impi-impikan tersebut tercapai.

6. Katakan no pada setengah-setengah dalam berjuang

Tentunya dalam bisnis anda tidak boleh melakukannya dengan setengah-setengah, hal tersebut berarti anda wajib untuk benar-benar serta sungguh-sungguh terlibat dalam peran aktif pengembangan bisnis anda secara simultan dan konsisten.

Tentunya dalam proses anda akan menemukan rintangan-rintangan yang ada. Jadi sebuah ketekunan serta konsistensi dalam membangun ini akan mendapatkan hal terbaik untuk anda nantinya. Sehingga anda di kala nanti perusahaan sedang dalam masa kritis anda dapat menyelesaikannya dengan sangat baik karena sudah terlatih untuk melakukan sebuah solusi tepat.

Baca Juga : Stop Bakar Uang! Begini Cara Startup Bisa Sukses dan Untung

7. Anda harus bentuk dan memelihara budaya bisnis perusahaan semenjak hari pertama

Sebuah perusahaan atau bisnis tentunya wajib mempunyai budaya yang sangat solid nan kuat ada di dalamnya. Maka dari itu anda dapat membentuk budaya yang paling baik berdasarkan atau untuk semua orang yang terdapat di dalam bisnis startup itu yang sedang berjalan. Hal ini sangat diperlukan guna membentuk karakter yang terbaik nantinya.

Itulah beberapa cara anda untuk memulai membangun startup anda, sedari nol. Tentunya membangun startup tidak akan mudah namun jika telah berhasil membangunnya anda akan mempunyai banyak manfaat dari bisnis ini, dua yang paling menonjol manfaatnya dalam membangun sebuah bisnis adalah seperti

8. Penggunaan modal dalam membangunnya yang cenderung tidak terlalu besar

Tentunya dengan anda memilih bisnis startup anda tidak harus mengeluarkan modal atau uang yang besar untuk biaya sewa atau barang fisik yang lainnya, mengapa? Karena anda hanya cukup dengan mengeluarkan uang atau modal daripada sumber daya manusia yang nantinya dapat membatu anda dalam mengembangkan produk yang harus di jual.

Baca Juga Artikel Terkait :

9. Pengetahuan yang lebih dalam membangun bisnis dan dapat di temukan dimana saja

Sekarang ini telah banyak pengusaha yang kemudian memulai untuk menjalankan usaha startup ini dimulai daripada startup di bidang transportasi, makanan, fintech, retail dan makanan ringan dan lain sebagainya. Tentunya anda akan lebih mudah lagi dalam mendapatkan ilmu startup.

Demikian adalah cara memulai bisnis startup anda, semoga informasi di atas dapat menjadi bahan pertimbangan anda sekaligus persiapan anda dalam membangun bisnis startup.

Berikutnya Baca Keuntungan Startup yang Bisa Kamu Dapatkan

Sumber: https://www.idntimes.com/life/career/riyan-sumarno/tips-memulai-bisnis-startup-c1c2/full

Share.

About Author

Techfor Id