Startup

Awal Mula Munculnya Startup dan Fenomena Startup di Indonesia Saat Ini

awal mula munculnya startup
Written by Techfor Id

Apa itu startup?

Akhir-akhir ini kita sudah sangat sering mendengar istilah startup. emang banyak dari kita yang masih belum mengetahui sebenarnya Apakah arti dari startup itu sendiri? sebenarnya kata startup merujuk kepada usaha atau bisnis yang baru didirikan dan masih belum berkembang dengan pesat.

Startup kini diartikan sebagai usaha rintisan yang bergerak di bidang inovasi teknologi. Biasanya saraf ini didirikan oleh pemuda atau remaja. stand up sendiri hadir untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dialami oleh masyarakat. Solusi yang ditawarkan oleh startup ini biasanya merupakan inovasi teknologi yang berupa aplikasi, website, dan produk digital lainnya.

Istilah startup ini sudah ada sejak tahun 1999 hingga 2000an. Namun istilah startup baru muncul dan populer kembali sejak tahun 2010 an.

Baca Juga :

Sejarah Singkat Awal Munculnya Startup

Startup tidak hadir begitu saja di tengah masyarakat. Terdapat sebuah sejarah singkat tentang berdirinya atau munculnya bisnis startup ini. Sejarah awal berdirinya startup yang berkaitan dengan inovasi teknologi terjadi pada akhir tahun 90-an hingga awal tahun 2000-an. Saat itu terjadi fenomena yang bernama bubble dot com.

kursus website terbaik

Apakah yang dimaksud dengan fenomena bubble dot com ini? Pada akhir 90-an internet mulai banyak digunakan di berbagai belahan dunia terutama di negara yang maju. karena hal itulah perusahaan yang sudah ada beramai-ramai membuat situs web milik mereka sendiri.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Rata-rata situs web yang dibuat saat itu menggunakan domain dot com. Karena semakin banyaknya website perusahaan yang berdomain .com maka fenomena ini disebut dengan bubble .com.

Sejak terjadinya fenomena bubble .com tersebut, mulai banyak bermunculan bisnis baru yang bergerak di bidang teknologi. Bisnis atau usaha baru tersebut kemudian diberi istilah startup. Tidak semua perusahaan yang baru berdiri atau sedang merintis disebut sebagai start up. Terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan hingga bisa disebut sebagai startup.

Baca Juga Artikel Startup Lainnya :

Kriteria tersebut antara lain:

  • Perusahaan berdiri kurang dari 3 tahun
  • Perusahaan tersebut memiliki karyawan yang berjumlah kurang dari 20 orang
  • Pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan masih kurang dari 100.000 dolar per tahunnya
  • Perusahaan ini bergerak di bidang teknologi atau inovasi yang memanfaatkan teknologi
  • Masih dalam tahap pengembangan dan belum stabil
  • Perusahaan dapat dikatakan sebagai start-up bila operasionalnya menggunakan website

Dari kriteria yang disebutkan di atas kita mengetahui bahwa perusahaan disebut sebagai start up apabila usahanya bergerak di bidang teknologi. Lebih tepatnya teknologi informasi dan komunikasi dengan memanfaatkan media digital.

Fenomena Startup di Indonesia Saat Ini

Indonesia tak mau kalah dengan negara-negara lain dalam menghasilkan perusahaan startup. Bahkan pemerintah juga mengadakan program 1000 startup digital untuk mencari bibit-bibit yang unggul. Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat potensial untuk perkembangan startup.

Pengguna internet di Indonesia semakin bertambah setiap harinya. peningkatan kualitas jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia serta semakin terjangkaunya harga smartphone turut menyumbang pertambahan angka pengguna internet di Indonesia. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa bisnis startup dapat berkembang dengan baik.

Baca Juga : Startup Unicorn di Indonesia !

di Indonesia sendiri sudah banyak sekali bermunculan bisnis start-up yang membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan. Terdapat tiga bidang yang banyak menjadi pilihan bagi startup Indonesia, bidang yang dimaksud antara lain:

  • Startup yang bergerak di bidang ekonomi perdagangan atau ecommerce
  • Startup yang bergerak di bidang pendidikan atau edukasi
  • Startup yang menyediakan game atau permainan

Dari ketiga bidang yang banyak dipilih oleh startup Indonesia, penyedia game dan layanan pendidikan atau edukasi memiliki peluang besar. penggunaan sosial media yang semakin meningkat juga turut menjadi faktor pendukung kesuksesan dari startup.

Baca Juga :

Untuk stand up yang bergerak di bidang perdagangan atau e-commerce, terdapat satu kendala yang masih cukup serius. Penggunaan kartu kredit dan dompet digital di Indonesia masih sangat minim. Masyarakat masih lebih senang menggunakan uang tunai dan juga mesin ATM untuk bertransaksi. Hal ini dirasa kurang efektif untuk mengembangkan bisnis e-commerce.

Seiring dengan bertambah banyaknya startup yang bermunculan, founder startup pun mendirikan berbagai komunitas. Komunitas ini masih berbasis kedaerahan. Beberapa komunitas stand up yang ada di Indonesia antara lain:

  • Stasion.org. komunitas ini merupakan perkumpulan dari understand up lokal Kota Malang Jawa Timur.
  • Bandung digital valley merupakan komunitas founder startup yang berbasis di kota Bandung. Komunitas ini menaungi founder tetap di kota Bandung dan sekitarnya.
  • Jogja digital valley juga sama seperti Bandung digital valley namun basisnya berada di Yogyakarta. anggota komunitas Jogja digital valley merupakan founder startup yang berada di daerah istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.
  • di Kota Semarang Jawa tengah juga terdapat organisasi atau komunitas founder startup yang bernama ikitas. Ikitas sendiri merupakan inkubator bisnis yang berada di Semarang.

Baca Juga : Usaha Rintisan Yang Sekarang Sedang Berkembang

Komunitas ini didirikan dengan tujuan sebagai tempat berbagi ilmu antar founder startup. Komunitas ini memiliki harapan dan cita-cita untuk menyukseskan startup yang sudah berdiri. Tak hanya itu dengan adanya komunitas ini juga diharapkan akan bermunculan startup baru yang turut membantu perekonomian nasional.

Indonesia sendiri sudah mencetak beberapa startup yang sukses dan telah dikenal oleh dunia. Salah satunya yang sudah cukup lama dikenal yaitu Kaskus. Kaskus sendiri merupakan sarana untuk berbagi informasi yang juga memiliki tempat untuk ber jual beli.

Indonesia juga memiliki Gojek, startup ini bergerak di bidang transportasi dan juga fintech. gojek ini telah menuai kesuksesan dan saat ini sedang melakukan ekspansi ke berbagai negara di Asia tenggara.

Berikutnya Baca ; Mengenal Karakter Startup Sebelum Yakin Akan Merintis Usaha Ini!

Sumber : https://www.maxmanroe.com/apa-itu-startup.html

About the author

Techfor Id

1 Comment

Leave a Comment

Open chat