Startup

Wajib Tahu! Inilah Ciri-Ciri StartUp

startup
Written by Techfor Id

Perlu anda ketahui jika pemerintah telah melakukan sebuah gebrakan baru dengan memunculkan gerakan nasional 1000 startup digital. Program tersebut merupakan sebuah pembinaan yang telah berlanjut di kurang lebih selama 6 bulan lamanya dari pemerintah kepada masyarakat umum membangun sebuah startup digital.

Gerakan ini telah mulai di 10 kota besar seperti jakarta, surabaya, bandung, yogyakarta, semarang, malang, bali, medan, pontianak dan juga makassar. Kota-kota ini tentunya akan didirikan sebagai pusat inovasi dan juga sebagai titik berkumpulnya komunitas teknologi, budaya dan juga kreatif.

Sekaligus sebagai co-working space supaya para pelaku dan juga para kreator lokal nya bisa kemudian berkolaborasi untuk dapat menciptakan solusi untuk kebutuhan masyarakat yang ada.

Tentunya gerakan ini akan diharapkan melahirkan entrepreneur muda yang nantinya akan menjadi awal untuk dapat menciptakan masa depan di era ekonomi digital di indonesia.

Baca Juga :

kursus web

Apa itu startup?

Perusahaan startup sendiri memang tidak pernah lepas dari yang namanya internet of thing atau IOT atau biasa disebut juga sebagai disrupsi dan technopreneur. Dan secara bahasanya sendiri memang start-up merupakan serapan daripada bahasa inggris yang berarti juga sebagai bisnis yang baru saja dimulai atau dirintis.

Startup merupakan sebuah bahasa yang berarti usaha rintisan. Hal tersebut dikutip juga oleh beberapa sumber di internet yang mengartikan startup merupakan sebuah perusahaan rintisan, umumnya memang akan merujuk untuk setiap perusahaan yang belum lama beroperasinya.

Tentunya memang perusahaan ini sebagian besar adalah perusahaan baru yang didirikan pada fase pengembangan dan penelitian yang telah dapat ditemukan pada pasar yang sesuai. Sampai dengan saat ini juga usaha startup ini telah identik dengan bisnis yang berupa web, teknologi maupun internet.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Startup

Ciri yang wajib harus ada pada startup!

  • Mempunyai usia perusahaan di kurang dari 3 tahun
  • Mempunyai jumlah pegawai yang kurang dari 20 orang
  • Mempunyai pendapatan yang kurang dari pada $ 100.000/tahun
  • Perusahaan yang masih pada tahapan berkembang
  • Pada umumnya memang beroperasi pada bidang teknologi
  • Produk yang dibuat juga merupakan aplikasi yang berbentuk digital
  • Pada umumnya beroperasi dengan menggunakan website

Sementara itu di negara kita Indonesia sendiri memang startup telah digolongkan pada tiga kolompok besar seperti:

  1. Startup aplikasi edukasi
  2. Startup pencipta game
  3. Dan startup perdagangan atau yang biasa disebut sebagai e-commerce dan information.

Sampai dengan saat ini startup yang telah berkembang cukup pesat dan besar di Indonesia seperti gojsek, bukalapak, tokopedia, dan juga traveloka. Startup tersebut kini tengah merambah tidak hanya pasar yang ada di Indonesia, melainkan pada pasar luar negeri khususnya kawasan Asia tenggara.

Baca Juga : Contoh Startup yang Layak Diperhitungkan Sebagai Startup Potensial 2020, Siapa Saja Mereka?

Startup besar di Indonesia

Ada banyak memang startup di Indonesia tapi saat ini anda perlu mengetahui beberapa startup besar dan top di indonesia yang berhasil dirangking, seperti

  1. Bukalapak
  2. Traveloka
  3. Blibli
  4. Zalora
  5. Ruangguru
  6. Blanja
  7. Mojok
  8. Zenius education
  9. Alodokter
  10. Uzone indonesia

Itulah 10 besar startup top asli Indonesia yang masih berkomitmen untuk dapat melayani masyarakat Indonesia sampai saat ini. Tentunya memang membangun startup tidaklah mudah banyak perjuangan yang harus dilalui pada owner nya untuk menjalankan operasinya sebelum mereka dapat berkembang besar sampai dengan saat ini.

Namun ada beberapa ciri yang dapat dilihat pada sebuah startup berkembang yang akan menjadi startup terbesar.

Baca Juga : Startup Terbaik Indonesia

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Ciri-ciri calon startup yang akan tumbuh besar

Anda tidak memilih atau kotak-kotakan tanggung jawab tim pada startup anda

Bagi anda para entrepreneur yang telah dikatakan sukses tentunya sangat paham jika sebuah tim wajib untuk dapat bekerja sama dengan baik guna untuk mendapatkan kesuksesan dalam berkarir. Hal ini penting juga apalagi jika startup tersebut dikatakan adalah sebuah startup.

Tentunya dapat budaya yang ada dalam sebuah startup dimana pun itu, akan ada situasi yang mana seorang anggota tim anda akan mengerjakan tugas yang bisa dibilang diluar tanggung jawab. Hal tersebut sangat umum terjadi saat ini.

Baca Juga : Keuntungan Startup yang Bisa Kamu Dapatkan

Produk yang akan ditawarkan begitu dibutuhkan oleh pasaran

Salah satu penyebab yang paling utama pada sebuah startup alami kegagalan ialah dikarenakan mereka tidak mampu untuk memproduksi produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tentunya jika anda ingin merintis atau membuat sesuatu seharusnya anda dapat melakukan serangkaian riset lebih dahulu tentunya apa yang ingin dibangun atau dibuat, apakah produk itu nantinya akan laku dan dicari di pasar.

Tentunya akan menjadi hal yang mubazir jika anda membuat sebuah produk yang sangat luar biasa sangat hebat namun tidak dapat menghasilkan pendapatan yang seimbang. Akhirnya perusahaan startup anda akan mengalami kebangkrutan dikarenakan pemasukan yang tidak sesuai dengan biaya atau cost yang anda belanjakan untuk pengembangan produk tersebut.

Baca Juga : Usaha Rintisan Yang Sekarang Sedang Berkembang

Mempunyai pertumbuhan yang sangat cepat

Pertumbuhan yang terbilang sangat cepat akan menjadi sebuah dambaan tersendiri bagi para entrepreneur dan keinginan daripada para investor yang ada. Dengan adanya pertembungan yang sangat signifikan akan menjadi sebuah tanda perusahaan rintisan atau startup tersebut mempunyai sebuah produk yang tengah dibutuhkan oleh masyarakat kala itu.

Saat ini saja banyak perusahaan jenis ini yang gagal dikarenakan mereka kehabisan biaya dan tidak ada lagi pada investor yang ingin mendanai mereka lagi. Kalau pertumbuhan yang tinggi maka mereka akan dapat mengatasi berbagai penghambat dari para kompetitor, anggota tim dan passion yang ada.

Berikutnya Baca : Sejarah Startup

Sumber: https://romeltea.com/startup-pengertian-karakteristik-dan-contohnya/ , https://www.brilio.net/news/ini-ciri-ciri-startup-yang-bakal-sukses-151201m.html

About the author

Techfor Id

Add Comment

Leave a Comment

Open chat
Tanya Sekarang Aja 🤩
Hi ini Windy, dari Techforid🤩

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techforid
Seperti :

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor di atas atau beritahukan Windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu [Klik Open Chat]