Ingin Bangun Startup? Wajib Perhatikan Manajemen Startup?

7

Tentunya ketika anda hendak menjalankan sebuah bisnis yang berbasiskan digital atau biasa disebut sebagai startup memang tidak akan semudah ketika anda membayangkan nya. Walaupun mempunyai konsep teknologi tapi memang startup ini juga nyatanya membutuhkan berbagai manajemen yang sangat baik, terukur dan sangat mumpuni agar nantinya dapat sesuai dengan target owner nya.

Maka dari itu setiap founder dari usaha rintisan ini wajib memperhatikan segala macam yang masih berhubungan dengan beragam jenis manajemen perusahaan startup apabila tidak ingin perusahaan rintisan mereka nantinya bangkrut atau gagal total.

Apa sepenting itu peranan dari manajemen startup? Sampai-sampai mempunyai risiko yang sangat tinggi.

Tentunya jawabannya adalah iya. Berdasarkan para ahli startup mengatakan jika anda tidak mampu untuk menunjukkan tata kelola startup yang baik maka startup anda tersebut akan tamat alias bubar. Kemudian seperti apa trik da tips untuk anda dapat membuat manajemen startup anda tersebut mampu berjalan dengan sangat baik.

tempat kursus seo

Baca Juga : Startup Terbaik Indonesia

Tips Manajemen Startup, Wajib Anda Ikuti

1. Tidak dianjurkan untuk anda mencari karyawan yang hanya pintar saja.

Manajemen startup yang berikutnya yang harus dibangun supaya usaha anda tersebut nantinya kuat dan baik adalah anda tidak harus mencari karyawan yang bukan hanya sekedar pintar saja. Kenapa? Hal terpenting daripada karyawan yang pintar adalah kerja keras dan mempunyai keinginan yang besar dalam belajar maka kemudian startup anda dapat tumbuh dengan sangat cepat.

Apabila anda mencari kemudian karyawan yang hanya mengandalkan kepintaran saja tentunya dapat menjadi bahwasanya mereka akan bekerja seadanya. Sehingga tidak mempunyai kemampuan lebih atau totalitas dalam bekerja nantinya. Mengapa?

Sering kali mereka hanya memikirkan dirinya sendiri dan mereka tidak ingin mengetahui tentang tujuan perusahaan. Bahkan terbilang jikalau karyawan dengan kemampuan hanya pintar saja maka mereka cenderung menyusahkan dan sering kali mereka meremehkan.

Baca Juga : Keuntungan Startup yang Bisa Kamu Dapatkan

2. Mampu dalam mengatasi berbagai konflik dengan sangat baik

Pada setiap perusahaan startup tentunya tidak akan dapat menghindari akan adanya konflik. Nah maka dari itu anda sebagai founder wajib mampu dengan sangat baik dalam hal mengelola dan mengatasi masalah-masalah terkait dengan konflik ini agar nantinya manajemen startup anda dapat lebih kuat dan juga anda akan dapat membiarkan bibit konflik tumbuh kian besar lagi.

Apabila anda memang temui cikal atau bibit tentang konflik yang terdapat dalam perusahaan anda maka anda harusnya segera untuk mengatasinya secara cepat mungkin, sehingga nantinya anda tidak menunggu permasalahan tersebut menjadi besar dan sulit untuk dapat anda kendalikan kemudian.

Selain itu juga dalam hal melakukan pengambilan keputusan yang sangat rawan terhadap konflik maka anda sebagai seorang daripada CEO juga tidak perlu lagi memaksa kehendak anda namun anda harusnya lebih mengedepankan dengan adanya keputusan bersama.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Startup

3. Melakukan pendefinisian dan inventaris terhadap kebutuhan anda terdapat perusahaan

Adapun tips yang pertama adalah untuk anda membuat manajemen startup yang lebih baik lagi dan kuat dengan cara melakukan pendefinisian dan investarisir terhadap segala kebutuhan perusahaannya lebih dahulu.

Saat ini tidak sedikit memang jika founder yang kemudian melakukan kesalahan terhadap terjemahannya akan manajemen startup ini dengan menggunakan pemberian pembagian tugas dan juga peran.

Jadi yang memang akan tersisa ialah yang terdapat pemberian tugas saja seperti siapa yang akan menjadi seorang chief executive officer atau  CEO, chief marketing officer atau CMO, chief technical officer atau yang biasa disebut dengan CTO dan juga seorang chief finance officer atau CFO.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Adapun memang posisi tersebut tidak akan menjadi sebuah kesalahan, tapi akan menjadi hal yang tidak benar ketika anda membuat sebuah perusahaan dengan struktur atau posisi yang tidak benar-benar dibutuhkan manajemen startup nya. Kemudian setelah anda mengetahui akan kebutuhan daripada perusahaan anda tersebut maka anda dapat kemudian memulai tentukan posisi dan juga sekaligus orang-orangnya.

Baca Juga : Contoh Startup yang Layak Diperhitungkan Sebagai Startup Potensial 2020, Siapa Saja Mereka?

Ketika anda memilih orang ini maka anda wajib tentunya menyesuaikan daripada skill dan juga pengetahuan yang anda miliki dalam membangunnya. Nah dengan anda melakukan hal tersebut maka perusahaan startup anda nantinya akan berjalan dengan sangat efektif lagi efisien.

Apabila anda memang butuh akan posisi dan juga jabatan tersebut yang dirangkap maka anda janganlah ragu untuk melakukan hal tersebut. mengapa? Karena hal ini adalah hal yang biasa dilakukan oleh perusahaan startup tentunya saja wajib anda untuk menjelaskan dan sekaligus menuliskan dengan sangat jelas peran serta tanggung jawabnya.

4. Anda bisa memunculkan kepercayaan dan penuhi dengan ekspetasi karyawan dalam peningkatan keahlian anda

Yang paling akhir tentunya trik atau tip mengenai manajemen startup supaya lebih baik sekaligus kuat ialah dengan cara anda memunculkan berbagai kepercayaan dan pemenuhan tentang ekspektasi daripada karyawan dalam peningkatan keahliannya.

Karyawan di sini memang butuh sekali terhadap pimpinan dan perusahaan yang yakin dan membuat dirinya sendiri percaya terhadap masa depannya yang terdapat di dalam perusahaan.

Anda juga perlu mengingat jika bisa jadi bahwa karyawan anda ialah orang yang berasal dari generasi millennial yang mempunyai pengetahuan yang sangat baik tentang internet. Nah di sini anda sebagai seorang founder dari sebuah startup tentunya wajib mempunyai atau bisa memberikan kepercayaan.

Selain itu anda juga untuk jangan lupa dalam memenuhi ekspektasi mereka ini dalam meningkatkan keahlian yang mereka miliki. Anda dapat menggunakan beberapa kali training-training yang tentunya dapat membuat karyawan anda makin terampil dan juga semakin percaya diri dengan dirinya dan perusahaannya.

Berikutnya Baca : Startup Unicorn di Indonesia !

Sumber: https://id.techinasia.com/kiat-manajemen-sdm-startup-baru , https://www.maxmanroe.com/tips-manajemen-perusahaan-startup-dari-reno-rafly.html

Share.

About Author

Techfor Id