Mengenal Karakter Startup Sebelum Yakin Akan Merintis Usaha Ini!

6

Tentunya di balik kesuksesannya sendiri sebuah startup digital terdapat Tim yang kuat di dalamnya. Beberapa sumber mengatakan jika sebuah tim yang terdiri atas hustler, hipster dan hacker. Nah ketiga karakter ini tentunya sangat penting akan kebutuhan sebagai pondasi anda dalam membangun sebuah startup. Lalu kenapa ketiga hal tersebut dapat dianggap sebagai bagian yang penting?

Membangun sebuah startup tentunya tidak hanya dibuat berdasarkan ide dan modal saja, namun juga harus mempunyai kolaborasi akan tim eksekusi yang sangat baik. Nah di sini merupakan peran daripada hipster, hustler dan juga hacker itu dimana akan sangat dibutuhkan sekali dalam mengisi dan juga mendukung daripada performa startup anda nantinya.

Jadi jika anda memiliki rencana-rencana yang matang dalam membuat sebuah startup maka anda dapat memastikan jika tim anda dapat diisi dengan sosok yang akan dapat berperan sebagai hupster, hipster, hustler dan juga hacker tentunya.

Baca Juga Artikel Terkait :

Kursus Internet Marketing

Pengertian dari ketiganya yaitu

1. Hipster

Adanya salah satu daripada pembeda paling utama yang ada di dunia terkait dengan teknologi saat ini ialah dilihat dari segi desain. Jadi memang tidak mengherankan jika adanya sebuah startup akan membutuhkan banyak sekali orang-orang yang kreatif dan juga mempunyai bidang desain yang sangat mumpuni.

Atau lainnya dikenal dengan istilah hipster, seorang hipster sendiri mempunyai cita rasa yang terbilang sangat baik sehingga mampu untuk melakukan pencitraan akan startup nya sebagai sebuah brand yang amat bagus dan juga sekaligus dapat melakukan pengemasan sebuah website maupun aplikasi-aplikasi brand lebih user friendly lagi.

Baca Juga : Keuntungan Startup yang Bisa Kamu Dapatkan

2. Hustler

Hustler atau biasa disebut juga sebagai marketing dan business

Tentunya tiap tim butuh seorang yang memiliki jiwa visioner pada satu hal saja, misalnya adalah jualan. Nah dalam perusahaan rintisan atau startup istilah ini disebut dengan nama hustler.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Yang menjadi masalah adalah kebanyakan dari seorang dengan predikat ini merupakan seorang CEO atau pimpinan dari sebuah perusahaan sehingga memang akan menjadi sangat penting bagiannya daripada keberhasilan perusahaannya tersebut.

Maka dari itu orang dengan predikat seperti ini sangat dituntut untuk bisa menjual ide-ide mereka kepada para investor, dengan ara salah satu nya adalah dengan pitching produk ke pada konsumen, dengan membentuk sebuah networking sampai dengan fokus kepada masalah terkait dengan manajemen perusahaan.

Baca Juga : Startup Unicorn di Indonesia !

3. Hacker

Hacker atau yang biasa disebut dengan engineer & developer

Yang paling akhir adalah hacker yang bisa disebut juga sebagai orang yang nantinya akan bertanggung jawab terhadap segala macam aspek teknologi. Orang yang disebut sebagai hacker tentunya wajib mempunyai berbagai keterampilan dasar yang wajib dipergunakan seperti halnya programming atau coding.

Baik itu merupakan teknologi yang memang sedang di inginkan sampai dengan anda wajib untuk membuat sebuah platform, yang tujuannya adalah untuk pengembangan sebuah bisnis atau usaha rintisan anda.

Pada kenyataannya adalah jika terdapat beberapa usaha rintisan yang sukses hanya karena dengan anda mengandalkan solo founder, tapi memang tak jarang anda juga mempunyai ketiga keterampilan itu sekaligus, maka dari itu kehadiran daripada hipster, hustler dan juga seorang hacker yang sangat penting di dalam kemudian membangun perusahaan digital layaknya startup.

Baca Juga : Contoh Startup yang Layak Diperhitungkan Sebagai Startup Potensial 2020, Siapa Saja Mereka?

Jadi apakah anda mempunyai kemampuan daripada ketiga karakter itu? Jika memang benar demikian maka tidak ada salahnya memang jika anda mencoba untuk dapat bergabung ke dalam dunia startup.

Di atas adalah 3 besar daripada startup yang ada sampai dengan saat ini mengenai karakteristiknya, ada lagi beberapa yang bisa anda ketahui seperti dikutip dari sumber-sumber yang lainnya.

Usia perusahaan yang dikenal masih baru

Startup sendiri dapat diartikan sebagai bayi yang baru saja lahir ke dunia, yah paling tidak masih tiga tahun berdirinya.

Bekerja multitasking

Walaupun memang jumlahnya jika dibilang adalah sangat sedikit, tapis dm daripada startup ini nyatanya mempunyai kemampuan yang sangat berkualitas dan juga bisa mengerjakan pekerjaan multi-tasking sampai lebih dari dua pekerjaan sekaligus malahan.

Baca Juga :

Mempunyai karyawan yang terbilang sedikit

Usaha rintisan ini tergolong juga masih mempunyai karyawan yang sedikit, namun demikian memang tidak berarti bahwa sebuah startup itu tidak dapat berkembang seperti layaknya perusahaan besar yang lainnya. Justru akan semakin efektif lagi tentunya ika memang dapat menghemat biaya dimana tidak memerlukan pekerja yang banyak.

Adanya sebuah penghasilan dan juga investor

Tentunya usaha rintisan atau startup akan sangat berkaitan erat dengan adanya sebuah investor karena dengan adanya investor ini tentunya sebuah startup akan diberikan beberapa dana.

Mempunyai semangat yang tinggi sebagai usaha muda

Pada umumnya memang sebuah startup dikatakan muda karena juga mempunyai pekerja yang terbilang dengan usia yang sangat muda, mereka rata-rata mempunyai usia dari mulai 20 sampai 30 tahunan.

Nah di usia inilah mereka mempunyai banyak sekali keinginan akan terus belajar dan mempunyai semangat yang dibilang masih tinggi dibandingkan dengan usia di atas mereka. Pada kasus inilah nantinya sebuah startup tersebut akan dapat langsung dapat membuat sebuah gebrakan atau ide baru yang brilian sesuai dengan perkembangan jaman saat ini.

Baca Juga : Contoh Usaha Rintisan Yang Berkembang

Mempergunakan sebuah website

Memang sebuah perusahaan startup tentunya dapat mempunyai website-website pribadi mereka sendiri untuk pekerjaannya, ini sangat berguna karena dapat mempromosikan dan sekaligus juga menawarkan produk-produk yang anda jual nantinya kepada pelanggan anda.

Mempergunakan layanan teknologi

Perusahaan rintisan atau startup itu sendiri memang sangat erat kaitannya dengan teknologi, bisnis mereka dapat berjalan. Contohnya adalah mereka menggunakan jasa online yang dapat dioperasikan dengan menggunakan smartphone.

Demikian adalah beberapa ulasan mengenai macam-macam karakter startup yang tentunya wajib anda ketahui sebelum anda benar-benar yakin ingin membangunnya.

Berikutnya Baca : Dampak Startup di Indonesia Terhadap Industri Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM)

Sumber: https://www.wartaekonomi.co.id/read176487/7-karakteristik-startup.html , https://www.acerid.com/tiga-karakter-penting-dalam-startup-hustler-hipster-dan-hacker/

Share.

About Author

Techfor Id