Tren dan Peluang Bisnis Startup di Indonesia Tahun 2020 !

5

Di penghujung tahun 2019 lalu, startup masih terus diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. ada kue istilah seperti Unicorn dan decacorn yang turut mewarnai perbincangan tentang startup ini. Istilah yang mengacu pada nilai valuasi sebuah bisnis startup.

Unicorn sendiri merupakan istilah yang diberikan kepada sebuah perusahaan rintisan atau startup yang telah menghasilkan satu miliar dolar per tahun. sedangkan istilah decacorn diberikan kepada staf yang telah dihasilkan sebanyak 10 miliar dolar per tahun.

Indonesia sendiri sudah memiliki berapa seri aku yang mencapai valuasi Unicorn dan decacorn. Perusahaan rintisan atau startup Indonesia yang telah mencapai skala Unicorn dan decacorn antara lain Gojek, Bukalapak, Tokopedia, dan Traveloka. perusahaan tersebut bergerak di berbagai bidang yaitu transportasi, fintech, dan juga ecommerce.

Baca Juga :

Melihat Kembali Trend Startup 2019

Dari tahun ke tahun bisnis untuk selalu mengalami perkembangan. Sektor yang disentuh oleh Instagram juga semakin banyak. Tahun 2019 diri sektor yang banyak diminati oleh startup antara lain Services on demand dan juga e-commerce. Go-jek dan grab merupakan contoh dari start up yang bergerak di bidang service on demand.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

sedangkan bisnis seperti Traveloka Tokopedia dan Bukalapak adalah bisnis yang bergerak di bidang e-commerce. Yaitu perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan baik barang maupun jasa. Lagu seperti apakah prediksi tren stand up yang akan terjadi di tahun 2020 mendatang?

Kursus mobile app

Sebelum kita berbicara tentang tren startup di tahun 2020 yang akan datang, Mari kita sedikit flashback untuk melihat transfer pada tahun 2019. Beberapa sektor yang di gemari oleh startup tahun ini antara lain:

  • E-commerce
  • Financial technology
  • On demand Services
  • Internet of things
  • Artificial intelligence

Baca Juga : Startup Terbaik Indonesia

Sektor tersebut merupakan transpor yang terjadi pada tahun 2019. dari beberapa tahun tersebut sebenarnya sudah ada beberapa bidang yang menjadi tren Startup di tahun 2018. On demand service dan ecommerce seperti tidak pernah ada matinya dari tahun ke tahun. kedua bidang ini pun diprediksikan akan terus mencari Star up hingga 2020 mendatang.

sektor teknologi finansial yang banyak diminati pada tahun 2019 antara lain pinjaman online dan kredit tanpa kartu. kemudahan yang ditawarkan oleh setiap daerah tentu menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan dana. teknologi fintech ini juga menjadi terobosan baru bagi masyarakat yang tidak ingin dipusingkan dengan urusan pinjaman ke bank.

sektor artificial intelligence atau kecerdasan buatan juga turut mewarnai transistor pada tahun 2019. Produk dari artifisial intelijen sendiri salah satunya adalah chatbot. Chatbot sendiri merupakan sebuah program yang di ciptakan untuk menjawab chat secara otomatis. Tidak hanya sekedar otomatis robot penjawab chat ini juga dapat menjawab sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh pengguna.

sektor selanjutnya yang sempat menjadi trend di tahun 2019 adalah IoT atau internet of things. Iot merupakan pemanfaatan internet dan juga teknologi untuk melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan secara manual. Pemanfaatan internet of things ini memudahkan pekerjaan kita sehari-hari.

Salah satu produk dari IoT ini adalah pemberi pakan otomatis untuk ternak ikan dan juga udang. sebuah alat dipasang di kolam pengembangbiakan ikan dan udang. Alat ini kemudian dihubungkan dengan smartphone. Sehingga pemilik dapat memberikan pakan Secara otomatis dari jarak jauh.

Baca Juga :

Prediksi Tren Startup Indonesia di 2020

Tren startup yang akan muncul di tahun 2020 diprediksikan tidak jauh dari tren yang ada di tahun 2019. Beberapa sektor yang diprediksikan menjadi tren untuk stand up di 2020 antara lain fintech, e-commerce, health tech, education, artificial intelligence, dan internet of things.

1. Fintech

Bidang pertama yang menjadi tren start up di tahun 2020 adalah fintech. Fintech menawarkan berbagai kemudahan untuk bertransaksi keuangan tanpa harus datang ke bank. Beberapa layanan fintech seperti dompet digital dan juga peer to peer lending masih tetap digemari di tahun 2020 yang akan datang.

Masyarakat Indonesia merasa dimudahkan Dengan hadirnya fintech ini. Tidak hanya itu, sektor fintech juga turut menyumbang kemajuan perekonomian di Indonesia. Hal ini tentu mendatangkan keuntungan bagi masyarakat dan juga bagi negara.

Baca Juga : Usaha Rintisan Yang Sekarang Sedang Berkembang

2. E-commerce

Bisnis e-commerce seperti tidak ada matinya dari tahun ke tahun. Toko yang ada di kamar menyediakan berbagai keperluan kita yang dapat kita pergi tanpa harus keluar rumah. Perpaduan antara fintech dan e-commerce yang memanjakan masyarakat diprediksi akan terus mengalami perkembangan di tahun-tahun berikutnya.

Baca Juga : Startup Unicorn di Indonesia !

3. Health tech

kesehatan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi seluruh masyarakat di Indonesia dan juga dunia. Di tahun 2020 health tech diprediksikan akan menjadi sektor baru yang menjadi tren startup. masyarakat mendapatkan kemudahan untuk berkonsultasi dengan dokter. Salah satu contoh health tech yang saat ini sedang berkembang di Indonesia adalah halodoc.

Halodoc menyediakanberbagai layanan misalnya berkonsultasi dengan dokter spesialis dan juga membeli obat dari apotek dengan sangat mudah. Cukup dengan memilih di aplikasi, obat akan diantar ke alamat kita.

Baca Juga : Contoh Usaha Rintisan Yang Berkembang

4. Education

startup yang bergerak di bidang education atau pendidikan tidak diizinkan akan terus mengalami peningkatan di tahun 2020. Kebutuhan masyarakat terutama siswa sekolah belajar diluar jam sekolah menjadi peluang yang sangat besar untuk startup di bidang ini. Dengan menyediakan layanan bimbel secara online dengan biaya yang lebih terjangkau, layanan dari start of education ini lebih diminati oleh masyarakat.

Pemerintah juga ikut berperan dalam mensukseskan bisnis start-up di Indonesia. Beberapa kementerian seperti menristek, menperin, dan kominfo bekerja sama dalam mencari bibit baru startup Indonesia. Beberapa regulasi yang mengatur tentang bisnis start-up juga telah diluncurkan. Harapan pemerintah dengan munculnya startup baru dapat berdampak baik bagi perekonomian Indonesia.

Berikutnya Baca : Awal Mula Munculnya Startup dan Fenomena Startup di Indonesia Saat Ini

Sumber : https://cubic.id/journals/melirik-trend-startup-di-2020

Share.

About Author

Techfor Id