Cyber Security

Woowww, Hacker Korea Utara Curi Total 400 Juta dollar Kripto Tahun 2021

Woowww, Hacker Korea Utara Curi Total 400 Juta dollar Kripto Tahun 2021
Written by Techfor Id

TechforID – Mengutip laporan Chainalysis, Hacker Korea Utara ternyata sudah mencuri sekitar 400 juta dollar dalam bentuk kripto pada tahun 2021 lalu.

Menurut laporannya, mulai dari tahun 2020 hingga 2021 jumlah aksi hacking dari Korea Utara dari empat menjadi tujuh, dan nilai yang dicuripun naik sebesar 40 persen.

Tekniknya pun beragam, mulai dari phising, eksploitasi kode, sampai malware untuk menyedot dana kripto dari Hot Wallet suatu organisasi.

Kemudian nantinya dipindahkan ke alamat yang dikendalikan oleh otoritas dari Korea Utara.

How Wallet merupakan metode penyimpanan yang terhubung ke internet dan jaringan kripto itu sendiri sehingga rentan terhadap aksi hacking.

Oleh karena itu, banyak pakar keamanan siber yang merekomendasikan untuk memindahkan asset kripto ke Cold Wallet .

Menurut Chainalysis, besar kemungkinan serangan hacker yang dilakukan Korea Utara tahun 2021 lalu berasal dari Lazarus Group.

Baca juga : Akibat Cyber Attack, Situs Web Dewan Perwakilan Kota Inggris Lumpuh

Kelompok ini diyakini dikendalikan oleh biro intelijen utama Korea Utara, Biro Umum Pengintaian dan pernah dikenai sanksi oleh Amerika Serikat.

Lazarus Group sebelumnya telah dituduh terlibat dalam serangan ransomware “WannaCry”, peretasan bank internasional dan rekening pelanggan, serta serangan siber terhadap Sony Pictures pada tahun 2014.

Aksi hacker Korea Utara tersebut memancing PBB untuk memantau dan menuduh negara itu menggunakan dana curian untuk mendukung program rudal dan rudal balistiknya sebagai cara menghindari sanksi internasional.

Begitu Korea Utara mendapatkan hak asuh atas dana tersebut, mereka memulai proses pencucian yang hati-hati untuk menutupi dan menguangkannya

Secara terpisah, pada Februari tahun lalu, AS menuduh tiga pemrogram komputer Korea Utara melakukan peretasan besar-besaran yang bertujuan mencuri lebih dari $1,3 miliar uang dan mata uang kripto.

Serangan hacker Korea Utara ini pun menyasar dari perusahaan mulai dari level bank sampai studio sekelas Hollywood.

Baca artikel selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu