UI/UX

Definisi Interaksi Manusia dan Komputer Juga Faktor yang Mempengaruhinya

interaksi manusia dan komputer
Avatar photo
Written by Techfor Id

Definisi Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)

Interaksi Manusa dan Komputer adalah Hubungan antara manusia dan komputer dengan karakteristik tertentu guna mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sistem yang disebut Interface atau Antarmuka.

Pada dasarnya Interface adalah cara mendesain, menganalisa, mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem komputer agar lebih mudah digunakan oleh manusia.

Interface itu sendiri terdiri dari 2 macam yaitu Command Line Interface (CLI) yakni Sistem interface berbasis teks perintah program, dan Graphic User Interface (GUI) yaitu Sistem interface yang digambarkan dengan grafis visual seperti tombol, icon, dan lain-lain.

Untuk CLI, sayangnya penggunaanya kurang diminati karena tampilannya hanya berupa teks saja dengan mayoritas background hitam. Dalam perintahnya, sedikit kesalahan penulisan coding dapat menyebabkan error. Maka dari itu CLI hanya diperuntukan bagi mereka yang sudah mengerti seluk beluk bahasa Pemrograman.

Baca Juga :

Berbeda dengan CLI, GUI merupakan Interface yang sangat interaktif dan menarik. Bentuk komunikasi dan dialog pada GUI di gambarkan dalam bentuk grafis sehingga memudahkan pengguna dan tidak membosankan. Contoh GUI bisa kamu lihat pada tampilan awal Windows atau program seperti Visual Basic, Delphi, atau Photoshop.

Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer

Simpelnya Tujuan Interaksi manusia dan komputer adalah untuk menciptakan sistem yang ramah pengguna  (User Friendly) yang juga fungsional dan aman. Untuk mencapai tujuan ini, seorang developer harus dapat:

  • Berempati dengan para pengguna dan mengantisipasi bagaimana mereka akan menggunakan teknologi
  • Mengembangkan alat dan teknik untuk memungkinkan praktik terbaik dalam membangun sistem Interface yang memadai
  • Menghasilkan jenis interaksi yang efektif, efisien, dan aman

Baca Juga : Fungsi User Interface (UI) dalam membangun Desain yang Optimal

Bidang Yang Mempengaruhi Interaksi Manusia dan Komputer

Selain harus paham tentang ilmu komputer, untuk membangun sistem interface yang baik, Kamu juga perlu belajar bidang lain seperti :

  • Psikologi : Memahami perilaku, sifat, serta kebiasaan pengguna agar dapat menciptakan Interface yang User friendly atau ramah pengguna
  • Desain Grafis & Typography : Menggunakan gambar yang menarik sebagai platform dialog antara interaksi manusia dan komputer.
  • Ergonomik : Meliputi aspek fisik agar mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman ketika berinteraksi dengan komputer
  • Antropologi : Pandangan mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan memberikan kontribusi teknologi
  • Linguistik / Tata Bahasa : Menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti merupakan syarat utama dalam membangun interface yang mudah digunakan dan dimengerti
  • Sosiologi : Berkaitan erat dengan dampak sosial yang dipengaruhi sistem manusia dan komputer.

Software Pembangun Sistem Interface

Dalam membangun interaksi manusi dan komputer, kamu tentunya memerlukan bantuan software dalam proses desainnya agar lebih cepat dan tepat sasaran. Program desain yang kamu butuhkan antara lain seperti Visual Basic, Visual Pro, Delphi,  dan yang lainnya.

Baca Juga : 8 Contoh User Interface (UI) yang Ada di Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun Interface :

  • Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer.
  • Inormasi tentang ragam dialog, struktur, isi tekstual dan grafis, tanggapan waktu, kecepatan tampilan.
  • Penggunaan prototipe yang disusun secara bersama-sama antara calon pengguna dan perancang sistem.
  • Teknik evaluasi dengan menggunakan uji coba sejumlah kasus, tanya jawab , survey offline / online, Interview, dan yang lainnya.

Faktor Manusia Yang Mempengaruhi Interface

Sistem komputer terdiri dari 3 aspek yaitu Hardware, Software, dan Brainware. Sedangkan untuk manusia, faktor yang mempengaruhi interface antara lain :

Penglihatan

  • Luminas : Banyaknya cahaya yang dipantulkan suatu objek
  • Kontras : Hubungan antara caha ya yang dihasilkan suatu objek dan latarnya
  • Tingkat Kecerahan (Brightness) : Seberapa cerah cahaya yang dipantulkan objek
  • Sudut dan Ketajaman Penglihatan : Sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah obyek dengan jelas.
  • Medan Penglihatan : Sudut yang berhadapan oleh obyek  pada mata.
  • Warna : Keselarasan penggunaan warna

Baca Juga : CLI VS GUI : Mana yang Lebih Baik Menurutmu ?

Pendengaran

  • Kebanyakan manusia mendeteksi suara dalam frekuensi 20 Hertz-20 Khertz
  • Manusia juga mendengar suara antara 50 dB(decible)-70 DB
  • Telinga manusia akan rusak mendengar lebih dari 140 dB.
  • Manusia tidak mendengar frekuensi kurang dari 20 dB.

Sentuhan

  • Sentuhan merupakan sarana manusia untuk memfasilitasi.
  • Sebagai contoh dalam penggunaan keyboard dan mouse

Model Sistem Pengolahan

  • Model sistem pengolahan manusia terdiri dari pengolahan perseptual, pengolahan intelektual dan pengendalian motorik yang berinteraksi dengan memori manusia.
  • Model sistem komputer terdiri dari pengolah (Processor) dan memori. Interaksi keduanya melalui bus.

Berikutnya Baca : 8 Cara Mudah Membuat Wireframe

Sumber : medium.com

About the author

Avatar photo

Techfor Id

1 Comment

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu