CLI VS GUI : Mana yang Lebih Baik Menurutmu ?

6

User Interface adalah istilah yang digunakan untuk menentukan bagaimana pengguna berinteraksi dengan perangkat elektronik, khususnya komputer.

CLI dan GUI adalah berbagai jenis antarmuka pengguna. Terutama mereka berbeda dalam grafik yang digunakan dalam sistem operasi. Untuk melakukan operasi pada sistem CLI kita harus menulis perintah. Di sisi lain, dalam GUI pengguna menyediakan alat bantu visual (grafik) yang mencakup gambar dan ikon, yang memfasilitasi pengguna untuk melakukan tugas secara langsung.

Sistem CLI membutuhkan keahlian dalam perintah untuk melakukan tugas sedangkan GUI tidak membutuhkan keahlian, itu bisa dioperasikan oleh pengguna pemula juga.

1. Apa itu CLI ?

CLI (Command Line Interface) adalah Interface atau antarmuka berbasis teks yang digunakan untuk berinteraksi dengan perangkat lunak dan sistem operasi dengan mengetikkan perintah ke dalam antarmuka dan menerima respons dengan cara yang sama.

CLI disediakan oleh sebagian besar sistem operasi secara default dan dua yang paling populer adalah DOS (untuk Windows) dan bash shell (untuk Linux dan OS X).

Baca Juga :

Pengguna harus memiliki pemahaman yang baik untuk menggunakan CLI. Pengguna harus benar-benar mengetahui sintaks yang benar untuk mengeluarkan perintah yang efektif.

Sistem operasi seperti UNIX berisi CLI sementara OS seperti Windows dan Linux berisi CLI dan GUI. Secara keseluruhan, CLI adalah memori yang efisien dan lebih cepat dalam eksekusi daripada GUI.

Kelebihan CLI:

  • Performa lebih tinggi
  • Lebih efisien dalam penggunaan
  • Hanya membutukan spesifikasi hardware yang rendah
  • Hanya membutuhkan Memori yang kecil karena berupa teks saja

Kekurangan CLI:

  • Tampilan yang kurang menarik bagi mereka yang awam ilmu komputer
  • Harus mengingat baris perintah atau code untuk menjalankan tugas komputer
kursus web

2. Apa itu GUI ?

GUI (Graphic User Interface) adalah jenis antarmuka pengguna yang menggunakan metode interaksi pada peranti elektronik secara grafis (bukan perintah teks) antara pengguna dan komputer.

GUI menjadi salah satu faktor kemudahan dalam penggunaan komputer. GUI menggambarkan informasi dan perintah yang tersedia untuk pengguna menggunakan ikon grafis. Contohnya adalah pada Microsoft Windows, macOS, dan Xwin yang menggunakan jenis  GUI yang berbeda-beda.

Baca Juga : Belajar Information Architect, Agar Kamu Makin Jago Desain UX

Ada berbagai komponen GUI. Wndows merupakan salah satunya yang memiliki bentuk persegi panjang dan dapat tumpang tindih dengan area jendela lainnya.

Textbox adalah komponen bagi pengguna untuk memasukkan data input. Menu menyediakan daftar opsi bagi pengguna untuk memilih opsi. Sebuah tombol memungkinkan memilih satu opsi tertentu. Dan masih banyak lagi.

Kelebihan GUI:

  • Desain dapat diubah dan lebih User Friendly
  • Karena berbasis grafis, tidak diperlukan keahlian khusus

Kekurangan GUI:

  • Kebutuhan spesifikasi komputer yang lebih besar
  • Performa lebih berat
  • Memakan banyak ruang memori

Baca Juga : Tugas dan Tanggung Jawab UX Researcher Yang Wajib Kamu Tahu!

3. Perbedaan Antara GUI dan CLI

  • GUI adalah jenis antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat elektronik melalui ikon grafis dan indikator visual. CLI adalah antarmuka bagi pengguna untuk mengeluarkan perintah dalam bentuk baris teks atau baris perintah berturut-turut untuk melakukan tugas komputer.
  • Sangat mudah untuk menggunakan GUI. Tidak perlu memiliki pengetahuan luas tentang ilmu komputasi atau coding untuk mengoperasikan sistem menggunakan GUI. Bahkan seorang pemula dapat dengan mudah menangani tugas menggunakan GUI. Di sisi lain, CLI sangat kompleks. Pengguna harus memiliki pengetahuan yang baik tentang perintah. Perintah yang salah eja dapat menimbulkan error.
  • GUI membutuhkan lebih banyak memori karena mengandung banyak komponen grafis seperti gambar, ikon, dan lain-lain. Sedangkan CLI adalah antarmuka perintah, dan tidak memerlukan lebih banyak memori karena hanya berupa barisan text.
  • Kinerja GUI cenderung lambat karena banyaknya elemen grafis yang perlu diload. Sedangkan CLI Cepat, Karena hanya berupa teks aja.
  • Pengguna dapat mengubah tampilan GUI. Ada opsi yang dapat disesuaikan untuk mengubah tampilan. Namun tampilan CLI tidak mungkin diubah.

Kesimpulan

CLI dan GUI keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, dan mereka sesuai sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan pengguna. Antarmuka pengguna grafis memberikan tingkat multitasking dan efisiensi yang lebih tinggi, tetapi antarmuka baris perintah menawarkan lebih banyak kontrol, presisi, dan pengulangan.

Berikutnya Baca : Ingin Desain UX Aplikasi Androidmu Optimal ? Simak 4 Point Penting Berikut!

Sumber : technopedia.com

Share.

About Author

Techfor Id