Contoh User Interface Berbasis GUI

1

Pengertian User Interface

User Interface adalah antarmuka yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komputer yang disajikan dalam bentuk visual seperti desain layout, tombol, icon, maupun gambar. Kamu yang sering browsing di internet tentunya sudah mengunjungi ratusan website, nah apa yang ada diwebsite itu adalah user interface.

Yang kamu lihat seperti Menu, Tombol, Desain, serta gambar produk adalah bagian dari User interface yang memudahkan kamu menavigasi suatu website.

Dalam beberapa dekade terakhir, User Interface mengalami perkembangan yang amat signifikan. Berawal dari Command Line Interface (CLI) yang hanya berupa barisan teks hingga Interface berbasis GUI (Graphic User Interface).

GUI sendiri menjadi trend dikalangan pengguna komputer karena kemudahaannya serta tampilannya yang tidak membosankan. Dibanding CLI, GUI diklaim sangat User-Friendly. Mereka  yang masih pemula sekalipun bisa mengoperasikan komputer tanpa perlu keahlian khusus seperti Coding.

Baca Juga :

Defisini Graphical User Interface (GUI)

GUI adalah Graphical Interface yang merupakan representasi visual dari komunikasi yang disajikan kepada pengguna untuk memudahkan interaksi dengan mesin. GUI meliputi elemen-elemen seperti tombol, icon, dan visual grafis yang lainnya.

Jenis interaksi pada GUI bisa dilakukan dengan mengklik tombol atau icon tersebut dan sistem akan memberikan feedback secara instan. Contohnya seperti kamu mengklik icon Ms.Word untuk membuka programnya.

Contoh luas penerapan GUI bisa kamu lihat pada Sistem Operasi Windows, dimana didalamnya terdapat banyak sekali User Interface berbasis grafis seperti Taskbar, Menu Start, Notification Area, atau membuat, memindahkan, maupun menghapus suatu file.

Baca Juga : 8 Contoh User Interface (UI) yang Ada di Kehidupan Sehari-hari

Cara Kerja Graphic User Interface (GUI)

Dalam GUI di OS Windows, Pointer pada layar berperan sebagai tools navigasi agar kamu bisa melakukan suatu perintah tertentu. Pointer tersebut digerakan dengan mouse atau touchpad yang ada pada laptop kamu. User dapat mengklik suatu icon atau tombol untuk memulai operasi tertentu seperti membuka atau menutup suatu program.

GUI sebenarnya menerjemahkan bahasa pengguna yang terdiri dari perintah satu baris sederhana, single click dan double click untuk bahasa mesin atau bahasa assembly. Bahasa mesin dipahami oleh mesin dan karenanya mesin merespons tugas yang dimulai yang diterjemahkan menggunakan bahasa dan dikomunikasikan kepada pengguna melalui GUI.

Contoh GUI pada OS Windows

Pada gambar diatas, anggaplah kamu ingin membuka VLC Media player. Kamu hanya perlu menggerakan pointernya dengan mouse ke Icon / Shortcut program tersebut dan mengkliknya, Sistem secara otomatis akan membuka program tersebut

Jika windows bukan berbasis GUI, maka kamu harus membuka command prompt dan menginput code perintah untuk membuka program tersebut yang mana tidak efisien serta memerlukan keakuratan dalam perintah codingnya.

Karena dalam Command Prompt, Sistemnya menggunakan CLI atau Command Line Interface yang berupa baris perintah teks dimana kamu tidak boleh salah ketika menginput code nya. Jika salah bisa menyebabkan error atau program yang kamu inginkan tidak bisa dibuka.

Baca Juga :

Contoh GUI pada Mac OS

Sama halnya seperti Windows, Mac atau Macintosh juga menggunakan UI dalam sistem operasinya. Sebenarnya Mac terlebih dahulu menggunakan GUI sebelum windows, dan Microsoft Corporation di klaim meniru Mac karena ikut-ikut menggunakan GUI. Namun terlepas dari itu, kedua nya merupakan OS yang sangat User friendly yang cocok kamu gunakan.

Contoh GUI pada Android

Sistem operasi Android adalah salah satu platform paling populer saat ini. OS Android dikembangkan dan sekarang digunakan pada smartphone, tablet, netbook, smartbook, dan banyak perangkat elektronik lainnya. Sistem Android sangat fleksibel, User Friendly, dan mudah digunakan. Jadi, tidak heran jika ada jutaan orang yang sangat suka menggunakan sistem ini.

Kalo kamu suka membuat aplikasi pada OS Android maupun Apple. Penting untuk membangun User Interface yang mudah digunakan pengguna kamu. User atau pengguna cenderung lebih menyukai aplikasi atau game yang memiliki Interface yang mudah dipahami serta digunakan.

Baca Juga : Mengapa User Interface (UI) Penting Dalam Membangun Desain?

Keunggulan Sistem Berbasis GUI

  • Simpel dan Mudah digunakan
  • Menarik secara visual dan tidak membosankan
  • Pemula yang awam komputer sekalipun bisa mengoperasikan komputer dan menjalankan perintah dasar
  • Dalam mencari sesuatu, GUI memudahkan proses tersebut dengan merepresentasikan secara visual suatu file dengan rinciannya
  • Setiap respon dari komputer divisualisasikan oleh GUI, contohnya mengklik suatu icon program akan membuka programnya
  • Seorang pengguna tanpa pengetahuan komputer dapat mulai belajar tentang mesin karena GUI. Sebab GUI menyediakan ruang bagi pengguna untuk mengeksplorasi sistemnya.

GUI sangat lekat dengan User Interface maupun User Experience. Apapun yang berhubungan dengan komputer pasti tidak luput dari GUI. Kalo kamu suka desain, menjadi developer GUI bisa jadi pilihan yang cocok untuk kamu.

Karena menurut berbagai survey online yang ada. Pasar Kerja untuk desainer ini sangat besar dan Gajinya pun bisa dibilang sangat menggoda.

Berikutnya Baca : Kelebihan Sistem Operasi (OS) Berbasis Graphic User Interface (GUI)

Sumber : educba.com

Share.

About Author

Techfor Id

1 Komentar

  1. Pingback: Tutorial Membuat GUI sederhana dengan Program Phyton tkinter |

Leave A Reply