Mengapa User Interface (UI) Penting Dalam Membangun Desain?

1

Jika kamu pernah berada di suatu website dan tidak mengerti apa yang mereka tawarkan, atau banyak terdapat error atau bug, kamu pasti akan kesal dan pindah ke website yang lain.

Hai Ini kemungkinan besar disebabkan karena  website itu tidak memiliki Desain User Interface yang baik. Padahal membangun User Interface yang cocok untuk pengunjung merupakan hal krusial yang wajib diperhatikan

Sebagai desain, kamu perlu memastikan bahwa desain user interface kamu terlihat baik di mata pengunjung. Sayangnya masih banyak yang belum memahami hal tersebut.

Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan bahas pentingnya User Interface bagi desain, namun sebelum mulai ada baiknya kita lebih memahami lebih dalam desain User interface itu sendiri.

Baca Juga :

Apa itu Desain User Interface ?

Desain User interface (UI) adalah antarmuka yang menghubungkan desain kamu dengan pengunjung kamu. User Interface mencakup elemen desain dasar yang perlu ada agar seseorang dapat menavigasi website kamu dan membuat keputusan.

Ini adalah hubungan yang terus berkembang antara seseorang dan sistem yang mereka gunakan. UI juga membahas tentang cara website kamu berinteraksi dengan pengguna, serta bagaimana suatu informasi disajikan kepada mereka

Ada banyak cara berbeda yang bisa kamu lihat pada user interface, tetapi dasar-dasarnya selalu mencakup komunikasi dari suatu produk ke pengguna dan sebaliknya.

Desain UI adalah semua tentang struktur, manipulasi pengguna dan komunikasi. Ini adalah salah satu alasan mengapa sangat penting bagi kamu untuk memperhatikannya. User Interface layaknya blok bangunan dasar bagaimana website kamu diatur dan berfungsi ketika dikunjungi oleh target audiens kamu.

Beberapa elemen yang terlibat dalam Desain User Interface meliputi kontrol input, komponen navigasi, dan komponen informasi. Tombol, List, toggles, icon, tag, dan lainnya juga memainkan peran besar dalam membangun desain user interface yang baik. Membuat desain user interface adalah bagaimana cara membuat desain yang menyenangkan bagi pengguna atau pengunjung website kamu

Baca Juga :

Pentingnya  User Interface  Dalam Membangun Desain!

Desain User Interface sangat penting dalam hal menarik traffic atau lalu lintas agar orang-orang mau mengunjungi website kamu. Nantinya Inilah yang membuat mereka merekomendasikan situs kamu dan menjadi pengunjung setia..

Penyesuain hal terkecil sekalipun dalam desain UI bisa memberikan dampak yang besar. Misalnya ukuran suatu tombol dan warna yang digunakan bisa mempengaruhi seseorang agar mengklik atau tidaknya tombol tersebut.

Ketika orang mengunjungi website kamu, pengalaman pengguna mereka harus menjadi prioritas utama kamu. Ketika orang-orang memiliki pengalaman yang baik di situs kamu, tingkat konversi website kamu akan menjadi lebih tinggi dan mereka cenderung memberi tahu teman atau kerabat mereka tentang website kamu.

Hal ini sangat vital jika website kamu bergerak dalam bidang e-commerce atau toko online. Semakin banyak orang yang mengunjungi website kamu, semakin besar keuntungan yang mungkin kamu dapat. Sebaliknya jika user interface desain kamu buruk, maka pengunjung tidak akan betah berlama-lama diwebsite kamu atau melakukan pembelian.

Baca Juga : Tugas dan Tanggung Jawab UX Researcher Yang Wajib Kamu Tahu!

Cara Membuat Desain User Interface (UI) yang Baik

Menu Yang Mudah Dinavigasi

Satu hal yang perlu kamu perhatikan ialah membuat menu yang memudahkan user untuk menelusuri website kamu. Hindari meletakan menu yang sulit mereka temukan atau sulit dibaca.

Desain Sederhana

Kalau desain kamu tampil sederhana, pengunjung kamu dapat melihat produk atau layanan kamu dengan jelas tanpa kebingungan. Jika desain kamu terlalu mewah atau rumit, pengunjung akan segan berada diwebsite kamu. Berpegang pada desain yang sederhana adalah cara terbaik untuk meningkatkan Desain User Interface kamu.

Penyederhanaan Form

Form adalah salah satu metode utama untuk berinteraksi dengan proyek web.

Kamu harus dapat mengintegrasikan-nya ke dalam desain antarmuka, tanpa ada kesulitan yang menyebabkan pengguna tidak tertarik. Jika proyek kamu tidak mengharuskan pengguna untuk mendaftar, kenapa tidak membuat Form menjadi sesederhana. Contohnya adalah Twitter, mereka hampir tidak meminta informasi apa pun pada saat kamu membuka situsnya.

Di website kamu, kamu harus memastikan bahwa kamu menggunakan elemen umum. Ini memungkinkan orang untuk memahami pola dan mempelajari cara kerja situs kamu lebih cepat dan lebih efisien. Memiliki pola, bahasa, dan fungsi yang konsisten akan menguntungkan kamu lebih dari yang dapat kamu bayangkan.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan UI/UX Desain!

Tambahkan Hirarki Visual

Elemen terpenting dari sebuah antarmuka harus disorot agar pengguna dapat fokus pada hal tersebut, dan sebuah desain berfungsi untuk menyediakan hasil yang maksimal, agar efek tersebut terasa untuk pengguna.

Contoh paling sederhana dari teknik ini yang terlintas dalam pikiran adalah membuat elemen lebih besar untuk mengubahnya menjadi focal point. Contohlah Netflix misalnya – saat membuka halaman utamanya, kamu akan langsung disuguhi dengan beberapa rekomendasi yang menarik perhatian kamu karena hampir tidak mungkin diabaikan

Cara lain yang lebih terkini, yaitu melalui hierarki visual menggunakan ruang putih (whitespace) untuk menyoroti bagian penting pada antarmuka kamu.

Alternatif lainnya, kamu hanya cukup memperkenalkan elemen tak terduga ke dalam desain kamu dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga : Ingin Desain UX Aplikasi Androidmu Optimal ? Simak 4 Point Penting Berikut!

Jangan Abaikan Tipografi

Cara lain yang elegan untuk membangun user interface yang baik adalah dengan menggunakan tipografi yang sesuai. Ini tidak sesederhana memilih font yang bagus, karena setiap font memiliki kepribadian yang berbeda-beda, sehingga untuk berbicara kepada pengguna, pilihan font harus dipengaruhi oleh karakteristik pengguna kamu.

Kamu dapat menggunakan tipe terbalik (reverse type) untuk membuat teks menonjol, dengan menggunakannya kamu dapat memanfaatkan latar belakang yang kontras untuk membuat teks keluar.

Pada contoh di bawah ini, teks kontras digunakan dalam menu untuk menyorot halaman mana yang sedang dilihat saat ini (yang memiliki manfaat tambahan untuk menyederhanakan proses navigasi bagi pengguna kamu).

Berikutnya Baca : 7 Karakteristik Penting Untuk Membuat Desain UI yang Baik!

Sumber : plego.com

Share.

About Author

Techfor Id

1 Komentar

  1. Pingback: 8 Contoh User Interface (UI) yang Ada di Kehidupan Sehari-hari |

Leave A Reply