8 Contoh User Interface (UI) yang Ada di Kehidupan Sehari-hari

1

User Interface memberikan cara yang lebih mudah dan simpel dalam berinteraksi dengan Teknologi. Interface atau Antarmuka melepaskan potensi sistem dan teknologi yang kompleks agar dapat digunakan dengan mudah oleh siapapun tanpa harus memiliki keahlian khusus

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti tidak lepas dari yang namanya teknologi. Mulai dari yang kecil seperti smartphone, maupun yang besar seperti Mesin ATM. Tanpa adanya User Interface yang baik, tentunya kita kesulitan mengguakan kedua hal itu.

Hari ini, kami paparkan Contoh-contoh user interface inovatif yang kami yakini sering kalian temui di kehidupan sehari-hari.

1. Mouse

Mouse yang kami maksud bukanlah tikus, melainkan mouse pada perangkat komputer yang sering kamu gunakan untuk menggerakan cursor. Sebelum lahirnya mouse, pengguna komputer harus menggunakan keyboard untuk menjalankan suatu program atau melakukan aktifitas tertentu di komputer.

Baca Juga :

Namun itu semua berubah saat Douglas Engelbart dari SRI International menyatukan shell kayu, papan sirkuit, beberapa roda logam dan beberapa kabel untuk membuat mouse agar berinteraksi dengan komputer hanya perlu menggerakan mouse dan mengkliknya.

2. Voice Based Search Interface

Di masing-masing perangkat elektronik mayoritas pasti memiliki Google Assistant seperti SIRI, Cortana, atau Google Voice Search yang dapat dengan mudah memberikan hasil apa yang kalian mau di search engine berdasarkan suara.

Seiring berjalannya waktu, User interface jenis ini mengalami perkembangan pesat. Dimana mereka dapat mempercepat proses kompleks, memberi hasil pencarian yang relevan dan mengenali berbagai macam bahasa yang manusia gunakan.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan UI/UX Desain!

3. Click Wheel Pada ipod

Beberapa dekade setelah lahirnya Rotary Dial, Steve Jobs mengumumkan kedatangan jenis dial lain yang akan mengubah pangsa seluruh pasar.

IPod tidak hanya menampung ribuan lagu di devicenya, namun juga memberi cara baru bagi penggunanya untuk berinteraksi dengan perangkat tersebut.

Click Wheel menggabungkan fungsi yang sangat tajam dengan kesederhanaan sentuhan dan cara yang membangkitkan minat pendengar musik portabel. Dijaman sekarang mungkin banyak generasi yang tidak mengenal perangkat ajaib ini. Tapi pada masanya dulu, hampir semua anak muda ingin memiliki benda ini.

4. ATM

Interface pada mesin ATM memudahkan penggunanya dalam hal menarik serta menyetor uang tunai mereka. User hanya perlu memasukan kartu ATM, memasukan PIN nya, dan nantinya akan muncul yang opsi yang bisa usernya pilih sesuka hati.

Sekarang ini telah tersebar luas jenis ATM berbasis touchscreen dimana pengguna menjadi jauh lebih mudah dalam melakukan transaksi uang tunai. Hal ini tentunya terobosan baru dan canggih dalam dunia User Interface di bidang Perbankan

Baca Juga :

5. Electronic Tolling Collection (E-Toll)

Pemilik kendaraan bermotor pasti sudah sangat akrab dengan benda yang satu ini. Electronic Tolling Collection atau lebih dikenal dengan E-Toll merupakan desain user interface yang memudahkan kendaraan untuk memasuki gerbang Tol dengan cepat dan Efisien.

Penggunanya hanya perlu membeli kartunya, mengisi saldo, dan menempelkan kartu tersebut pada mesin E-Toll ketika akan memasuki gerbang tol.

E-Tolling adalah inovasi canggih dalam bidang transportasi yang berfungsi untuk mengurangi kemacetan yang mungkin terjadi di gerbang Toll. Kecepatan dan efisiensi mesin tersebut bisa mempercepat proses keluar masuk pintu tol dengan kesalahan minimum.

Baca Juga : Ingin Desain UX Aplikasi Androidmu Optimal ? Simak 4 Point Penting Berikut!

6. Navigation Satellite & GPS

Tidak ada peta yang sempurna. Tapi peta yang kita gunakan hari ini sudah hampir menggambarkan keadaan bumi yang sesungguhnya..

Device GPS biasanya dipasang di dashboard mobil, atau di smartphone. Dulu GPS hanya boleh digunakan Militer, Namun kini hampir semua orang bisa menggunakan perangkat ajaib ini.

Kamu pun pasti sudah paham, dengan GPS kita dapat dengan mudah melihat jalur yang lancar, menemukan lokasi tertentu, atau mencari lokasi restoran terdekat.

Baca Juga : 5 Prinsip Dasar yang Baik Dalam Membangun Desain UX

7. Gesture Recognition

Saat ini, penggunaan Gesture Recognition atau interaksi manusia dengan komputer berbasis gerakan yang paling luas dan dikenal adalah dalam bermain game(Virtual Reality). Tetapi tidak hanya itu saja, Gesture recognition kemungkinan akan diaplikasikan pada OS PC maupun laptop di masa depan.

Bahkan Ahli bedah menggunakannya untuk mengakses data pasien di tengah operasi. NASA pun menggunakan Gesture Recognition untuk menggerakan robot dalam menjelajahi luar angkasa.

Saat komputer membaca gerakan, dunia adalah antarmuka nya.

Baca Juga : Yakin Kamu Jago Desain ? Tau Apa itu Teori Gestalt?

8. Virtual Reality (VR)

Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut.

Virtual reality bekerja dengan memanipulasi otak manusia sehingga seolah-olah merasakan berbagai hal yang virtual terasa seperti hal yang nyata.

Bisa dibilang, virtual reality merupakan proses penghapusan dunia nyata di sekeliling manusia, kemudian membuat si pengguna merasa tergiring masuk ke dunia virtual yang sama sekali tak bersentuhan dengan dunia nyata

Berikutnya Baca : CLI VS GUI : Mana yang Lebih Baik Menurutmu ?

Sumber : Xerox.com

Share.

About Author

Techfor Id

1 Komentar

  1. Pingback: Fungsi User Interface (UI) dalam membangun Desain yang Optimal |

Leave A Reply