Kelebihan Sistem Operasi (OS) Berbasis Graphic User Interface (GUI)

6

Komputer pribadi atau yang akrab di kenal PC telah mengalami banyak kemajuan dalam waktu singkat, dan sebagian besar kemajuannya disebabkan oleh perkembangan User Interface yang optimal untuk user dalam sistem operasinya.

Evolusi User Interface telah membuat PC atau latpop lebih mudah digunakan, fleksibel dan dapat diandalkan bahkan untuk pemula sekalipun

Kali ini kita akan bahas bersama-sama apa sih kelebihan Sistem Operasi yang menggunakan User Interface berbasis Grafis (GUI).

Pengertian Graphic User Interface (GUI)

Sebelum kita membahas kelebihan OS yang menggunakan GUI, ada baiknya kita mengenal apa itu GUI terlebih dahulu. Agar pesan yang kami sampaikan bisa kamu serap dengan baik.

Graphic User Interface adalah Antarmuka pengguna yang menggunakan Grafis seperti Icon, Tombol, Form, List, dan yang lainnya pada desain Interfacenya. GUI amat disukai banyak pengguna Komputer pribadi maupun laptop karena kemudahan, aksesibilitas, serta tampilannya yang menarik.

Kursus mobile app

Baca Juga :

GUI di klaim bahkan bisa digunakan oleh pemula komputer sekalipun karena mereka hanya perlu mengklik suatu icon atau tombol tertentu untuk membuka suatu program.

Dasar-Dasar Sistem Operasi

Sistem operasi (OS) adalah Software yang mengontrol  Hardwaresistem dan berinteraksi dengan software & aplikasi pengguna.

Singkatnya, jika komputer kita ibaratkan sebuah perusahaan, maka Sistem Operasi adalah Owner atau pemilik perusahaan tersebut. Sistem operasi memiliki kendali penuh atas kegiatan-kegiatan serta aktivitas yang terjadi di komputer kamu.

Fungsi dari Sistem Operasi Meliputi :

  • Menyajikan User Interface / Antarmuka pengguna
  • Meload Program ke Memory komputer
  • Mengkordinasikan cara kerja hardware dan software lainnya.
  • Mengatur bagaimana informasi disimpan dan diambil dari disk / database / flashdisk
  • Menyimpan Konten di komputer
  • Membaca Konten di komputer
  • Mengalokasikan RAM di antara program yang sedang berjalan
  • Mengenali penekanan tombol atau klik mouse dan menampilkan karakter atau gambar pada layar komputer.

Baca Juga : Tugas dan Tanggung Jawab UX Researcher Yang Wajib Kamu Tahu!

User Interface GUI pada Sistem Operasi Windows

Saat kamu menggunakan komputer, kamu pasti serangkaian item di layar yang disebut “User Interface / antarmuka pengguna”. Secara sederhana, User Interface bertindak sebagai penghubung agar kamu bisa berinteraksi dan menjalankan komputer kamu.

User Interface berbasis GUI menerima input dari perangkat seperti keyboard, mouse dan menampilkan output ke monitor komputer kamu.

Task Bar

  • Task Bar terletak di bagian bawah desktop Windows.
  • Taskbar digunakan untuk menjalankan dan mengelola program.
  • Taskbar juga menunjukkan ikon dari program yang sedang berjalan.

Komponen Task Bar :

  • Start Menu
  • Quick Launch Bar
  • Area Notifikasi

Baca Juga : 5 Prinsip Dasar yang Baik Dalam Membangun Desain UX

Start Menu

Start Menu berisi Shortcut atau pintasan untuk meluncurkan program dan membuka folder di komputer.

Quick Launch Bar

Quick Launch Bar adalah bagian khusus yang berada di sudut kanan bawah Task Bar kamu. Pada Quick Launch Bar kamu bisa menambahkan Icon untuk memulai program dengan cepat.

Notification Area

Notification Area menampilkan pesan notifikasi dan ikon untuk fitur sistem maupun program. Biasanya pada notification area menampilkan Icon yang menunjukan Volume dan Jam.

Icons

Piktogram kecil yang ditampilkan di desktop disebut “ikon”. Icon mewakili link ke sumber daya di PC atau jaringan. Ikon juga berperan sebagai shortcut atau pintasan untuk membuka program, file, folder, printer, dokumen, dan lain-lain. Kamu bisa mengklik icon dengan mengarahkan pointer ke icon tersebut.

Baca Juga : 7 Karakteristik Penting Untuk Membuat Desain UI yang Baik!

Kelebihan Menggunakan GUI pada Sistem Operasi

Interface GUI dikenal dengan dengan mode grafis dengan tampilan yang lebih menarik dan tidak terkesan monoton sehinga bisa membuat penggunanya lebh nyaman dan cenderung bisa mengubah perasaan penggunanya.

Berikut ini adalah kelebihan menggunakan GUI di komputer kamu :

  • Mudah dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan komputer cukup minim, karena user dihadapkan pada gambar, icon, symbol sehingga masing-masing fungsi gambar tersebut lebih mudah diingat
  • Tidak perlu mengingat baris-baris perintah
  • Tampilan menarik sehingga pengguna akan lebih mudah dalam menggunakan, factor psikologi berberan besar dalam menimbulkan semangat dan minat untuk berinteraksi.
  • Saat ini GUI sudah sering digunakan sehingga komponen yang sebenarnya membutuhkan spesifikasi lebih tinggi (dibanding CLI) akan menjadi tetap murah harganya.
  • Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi dimungkinkan
  • Akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam tugas/keperluan

Berikutnya Baca : CLI VS GUI : Mana yang Lebih Baik Menurutmu ?

Sumber : tutorialspoint.com

Share.

About Author

Techfor Id