Fungsi User Interface (UI) dalam membangun Desain yang Optimal

0

Pengertian User Interface (UI)

User Interface(UI) berfokus pada mengantisipasi apa yang mungkindilakukan oleh pengguna dan memastikan bahwa antarmuka memiliki elemen yang mudah diakses, dipahami, dan digunakan mereka untuk memfasilitasi tindakan tersebut. UI menyatukan konsep-konsep dari desain interaksi, desain visual, dan arsitektur informasi.

User Interface yang baik ialah UI yang tidak memerlukan pelatihan dalam pengoperasiannya, efisien dan user friendly.

User Interface meliputi elemen seperti teks, link, tombol dan gambar untuk membangun sistem desain yang nantinya membentuk User Experience. Ketika kita membahas UI dalam hal Desain Software, Digital, dan Web, Tentunya kita mengarah pada penggunaan Graphic User Interface (GUI) dalam desainnya.

Dalam Desain UX, User Interface dan perilaku pengguna yang dihasilkan adalah hasil akhir dari proses desain. User Interface dapat divisualisasikan dalam banyak cara dan dalam berbagai tingkatan. Pada User Interface untuk website biasanya hal ini ditampilkan sebagai HTML & CSS.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan UI/UX Desain!

Fungsi User Interface (UI)

User Interface merupakan pillar bagi sebagian besar perkembangan teknologi yang ada. Tanpanya, teknologi tersebut akan sulit digunakan atau tidak nyaman dipakai bagi mereka yang masih awam teknologi. User Interface berperan sebagai penghubung yang memudahkan penggunanya agar dapat menjalankan suatu program, aplikasi, maupun mengunjungi website.

Peran terbesar User Interface didominasi oleh penerapan Graphic User Interface (GUI) di berbagai program maupun aplikasi smartphone. Seperti yang kamu tahu, program maupun aplikasi yang ada di playstore semuanya dibangun dengan User Interface yang didasari Konsep desain User Experience (UX) yang baik.

Pengguna mereka kini bisa dengan mudah menjalankan program atau aplikasi tanpa harus repot-repot belajar ilmu komputer atau aplikasi. Karena mayoritas program yang dihadirkan memiliki aksesibilitas, bahasa, dan fitur yang mudah dipelajari serta digunakan.

Pada aplikasi smartphone, pengguna banyak berinteraksi dengan program-program di dalamnya dengan memasukkan perintah dalam bentuk teks maupun grafis. User interface pada smartphone cenderung dituntut lebih sederhana dan mudah mengerti dibanding user interface pada perangkat yang lebih besar seperti komputer.

Tujuan akhir dari sebuah UI adalah untuk menjamin kemudahan penggunaan, aksesibilitas fitur, dan User Experience yang memuaskan. Dengan kata lain, UI yang efektif memudahkan pengguna menikmati semua fitur dan fungsi yang ditawarkan oleh sebuah produk digital.

Baca juga :

Komponen Pembentuk User Interface (UI)

Semua elemen dalam cakupan UI bisa dikategorikan dalam 4 komponen dasar meliputi:

  • Tata letak : penempatan atau pengaturan posisi semua elemen grafis. UI yang baik pada dasarnya bersifat sederhana, dalam arti elemen grafis – terutama untuk navigasi dan akses fitur – harus tertata dengan baik sehingga mudah dilihat dan digunakan. Pengguna bisa dengan cepat memahami pilihan fungsi yang ada.
  • Warna : pilihan warna memiliki pengaruh besar dalam desain antarmuka pengguna. Penggunaan warna yang berbeda untuk setiap tombol dan ikon memudahkan pengguna menemukan fitur yang dicari dan ingin digunakan. Secara umum, prinsip utama adalah menggunakan skema warna yang sesuai dengan jenis alat/aplikasi dan simbol atau logo perusahaan.
  • Tipografi : penggunaan jenis huruf yang tepat juga sangat penting karena elemen ini berperan dalam menentukan tingkat keterbacaan. Huruf atau teks di situs online, aplikasi, game, atau alat digital tidak hanya harus mudah dibaca tapi juga enak dilihat dan unik.
  • Grafik : elemen visual terutama gambar dan ikon bisa menjadi poin utama. Sebuah logo perusahaan harus memberi fungsi representatif pada model bisnis atau industri yang digeluti perusahaan tersebut.

Pemilihan Elemen dalam Desain User Interface

Pengguna mengharapkan interface yang berfungsi dan berperilaku dengan cara tertentu. Saat mendesain UI, direkomendasikan agar interfacenya dirancang agar dapat diprediksi, ringkas, dan tetap konsisten pada desainnya. Hal Ini meningkatkan efisiensi dalam menyelesaikan tugas dan pada akhirnya meningkatkan kepuasan pengguna.

Baca Juga : Ingin Jago Desain ? Simak Pengertian Desain User Interface (UI)!

Elemen dalam User Interface meliputi penggunaan :

  • Kontrol input seperti tombol, toogles, dan checkbox
  • Sistem navigasi misalnya slider, kolom search, ikon, dan lain-lain.
  • Sistem informasi seperti tooltips, notifikasi, kotak pesan, dan progress bar
  • Elemen Call to Action (CTA).

Berikutnya Baca : 8 Contoh User Interface (UI) yang Ada di Kehidupan Sehari-hari

Sumber : interaction-design.org

Share.

About Author

Techfor Id

Leave A Reply